Tribun Lifestyle

Ketahui Manfaat Air Minum dengan pH Tinggi

Standar pH air tinggi sesuai dengan ketentuan BPOM adalah kadar pH harus di atas 8.6, lebih tinggi daripada pH rata-rata air mineral lainnya.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Ketahui Manfaat Air Minum dengan pH Tinggi
Thinkstockphotos
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Minum air penting untuk menunjang kesehatan. Itu artinya, pemilihan air minum berkualitas juga sangat penting.

Mengingat pentingnya konsumsi air di masyarakat, pemerintah telah mengeluarkan aturan tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air, melalui Kepmenkes Nomor 907 tahun 2002.

Hal ini untuk memastikan para pengelola penyedia air minum menjaga kualitas air minum yang dihasilkan. Namun, air yang bagaimana dan seperti apa?

Air yang baik, biasanya mengandung mineral alami yang terpilih dan dalam komposisi seimbang.

Seiring berjalannya waktu, pilihan jenis air minum sekarang semakin banyak dan biasanya dibedakan berdasarkan proses pengolahannya.

Baca juga: Air di AS Tercemar Bahan Kimia Berbahaya, Picu Kanker hingga Kerusakan Otak

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Buah Naga bagi Kesehatan, Kaya akan Antioksidan, Vitamin dan Mineral

Salah satunya adalah air minum pH tinggi yang diproses dengan teknologi ionisasi untuk menghasilkan air dengan pH tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh kita.

Dijelaskan oleh dr. Ahmad Aulia Ghurfron, seperti dikutip Kompas.com, menjaga cairan penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Air dengan kadar pH tinggi dianggap lebih cepat menghidrasi tubuh. Ia merekomendasikan untuk minum air setelah bangun tidur.

“Dalam keadaa tidur, selama 6-8 jam di malam hari, tubuh tetap bekerja. Minum air membantu kita mengisi cairan tubuh yang hilang. Minum air dengan pH tinggi sebelum itdur juga membantu menjaga tingkat hidrasi tubuh,” kata praktisi kesehatan yang akrab disapa Alghufron ini.

Tahukah Anda, pH tubuh kita juga memiliki pengaruh yang sangat penting dalam menjaga imunitas?

Tanpa disadari, gaya hidup kita sehari-hari seperti konsumsi makanan pedas dan kopi dapat membuat pH tubuh cenderung lebih rendah.

Baca juga: 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan: Dapat Mendukung Kesehatan Jantung hingga Mencegah Batu Ginjal

Air dengan pH tinggi dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh menjadi ideal.

Sebab, pH tubuh seimbang dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan imunitas pun terjaga khususnya di masa pandemi sekarang ini.

Standar pH air tinggi sesuai dengan ketentuan BPOM adalah kadar pH harus di atas 8.6, lebih tinggi daripada pH rata-rata air mineral lainnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas