Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Olahraga Harus Jadi Rutinitas Wajib, Ini Alasannya

Olahraga merupakan salah satu kunci agar metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga mampu melawan serangan virus di masa pandemi seperti saat ini.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Olahraga Harus Jadi Rutinitas Wajib, Ini Alasannya
pixabay.com/Free-Photos
Ilustrasi Olahraga Bersama Pasangan (pixabay.com/Free-Photos) 

TRIBUNNEWS.COM - Olahraga merupakan salah satu kunci agar metabolisme tubuh tetap terjaga sehingga mampu melawan serangan virus di masa pandemi seperti saat ini.

Dalam rekomendasinya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan masyarakat untuk tetap aktif selama pandemi dengan berolahraga secara rutin. Minimal 150 menit atau 2,5 jam setiap minggu.

Saat seseorang berhenti berolahraga, proses metabolisme akan mengalami penurunan atau melambat. Hal inilah yang membuat kemampuan tubuh membakar kalori pun terganggu.

Akibatnya, seseorang akan lebih cepat gemuk. Dampak buruk lainnya, hal itu bisa jadi cikal bakal penyakit kronis, seperti kadar kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Baca juga: 10 Olahraga Ringan yang Bisa Bikin Kakimu Kencang dan Ramping, Hanya Butuh Waktu 20 Menit

Baca juga: Pecandu Narkoba Dapat Sembuh Berkat Olahraga, Ini Bukti Ilmiahnya

Hal lain yang bisa diatasi dengan berolahraga adalah stres dan depresi. Terlalu sibuk dan lelah, memudahkan datangnya kondisi-kondisi tersebut.

Cara terbaik untuk menangkalnya, tak lain dengan berolahraga. Seorang psikolog klinis dan penulis buku Your Next Big Thing: 10 Small Steps to Get Moving and Get Happy, Ben Michaelis, mengatakan kalau terdapat relevansi antara kesehatan tubuh dan kesehatan mental manusia.

"Tubuh adalah pikiran dan pikiran adalah tubuh. Ketika Anda mengurus tubuh dengan baik, maka semua sistem yang Anda miliki, termasuk pikiran, akan terpelihara dengan baik pula,” kata Michaelis melansir dari Kompas.com pada Rabu (20/04/2016).

BERITA TERKAIT

Kesehatan tulang pun bisa dijaga dengan berolahraga.

Riset menemukan, gaya hidup sehat dengan olahraga rutin—terutama bagi para wanita—terbukti meningkatkan kepadatan dan kekuatan otot dan tulang.

Namun, berbagai keterbatasan kerap membuat masyarakat enggan berolahraga, misalnya sibuk, fasilitas olahraga yang kurang memadai, hingga harga keanggotaan sarana olahraga yang terlampau mahal.

Baca juga: Hari Radang Sendi Sedunia, Ini 3 Pilihan Olahraga untuk Penderitanya

Memahami kebutuhan tersebut, FIT HUB menghadirkan fasilitas gym premium dengan harga terjangkau untuk semua orang, termasuk masyarakat yang baru ingin memulai rutinitas olahraga.

Dengan biaya keanggotaan mulai dari Rp 249 Ribu/bulan, FIT HUB memberikan value for money yang tidak diberikan gym lain.

Seluruh anggota FIT HUB dapat mengakses seluruh lokasi gym FIT HUB yang ada di 15 lokasi di 5 kota, menikmati berbagai fasilitas gym premium, peralatan weight training yang lengkap, variasi kelas workout seperti Zumba, Yoga, Pound Fit, Cycling, dan berbagai kelas lainnya.

Lebih lagi, FIT HUB juga menyediakan program Personal Trainer untuk rangkaian olahraga yang lebih optimal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas