Tribun Lifestyle

Teks Khutbah Jumat, Tema: Bahaya Hasad Bagi Manusia

Untuk bisa dikatakan sah, ada syaratnya yakni dilakukan di waktu sholat zuhur serta didahului dengan dua khutbah. In Teks khutbah sholat jumat.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Inza Maliana
Teks Khutbah Jumat, Tema: Bahaya Hasad Bagi Manusia
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
SHOLAT JUMAT PERDANA - Masjid Raya Al Azhom, Kota Tangerang kembali dibuka pada Jumat (12/6/2020). Berikut bacaan teks naskah khutbah sholat jumat. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM - Shalat Jumat merupakan shalat yang dikerjakan di hari Jumat.

Shalat jumat dilaksanakan pada waktu dzuhur dan sekaligus menjadi pengganti sholat dzuhur.

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Ibadah Muslimah, Shalat Jumat merupakan kewajiban setiap muslim laki-laki.

Hal ini sebagaimana perintah yang tercantum dalam Al Qur`an Surat Al Jumu`ah ayat 9 yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum`at, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui."

Adapun untuk bisa dikatakan sah dalam shalat jumat, ada sejumlah syaratnya yakni dilakukan di waktu sholat zuhur serta didahului dengan dua khutbah.

Sholat Jumat diawali dengan naiknya Khatib di atas mimbar setelah tergelincirnya matahari (waktu dzuhur), kemudian memberi salam dan duduk.

Muadzin mengumandangkan adzan sebagaimana halnya adzan dzuhur baru setelah itu melakukan khutbah pertama.

Baca juga: Niat Sholat Jumat Lengkap dengan Latin dan Arti serta Tata Caranya

Baca juga: Al Kahfi Ayat 1-10, Sunnah Dibaca di Malam Jumat dan di Hari Jumat, Ini Bacaannya

Pada Khutbah pertama, Khatib berdiri untuk melaksanakan khutbah yang dimulai dengan hamdalah dan pujian kepada Allah SWT serta membaca shalawat kepada Rasulullah SAW.
Kemudian khatib memberikan nasehat kepada para jama`ah, mengingatkan dengan suara yang lantang, menyampaikan perintah dan larangan Allah SWT dan RasulNya.

Khatib juga mendorong agar jamaah berbuat kebajikan serta mengingatkan mereka dengan janji-janji kebaikan serta ancaman-ancaman Allah Subhannahu wa Ta`ala.

Setelah itu khatib duduk sebentar sekaligus menjadi penanda khutbah pertama telah selesai dan persiapan untuk khutbah kedua.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas