Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Athan Siahaan Gelar Fashion Show Lewat Kain Ulos Sepanjang 30 Meter di Festival Payung Indonesia

Fashion Show Yang Bertajuk “THE MISTYCAL OF KALIANDRA ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian lara perajin tradisional

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Athan Siahaan Gelar Fashion Show Lewat Kain Ulos Sepanjang 30 Meter di Festival Payung Indonesia
ist
Desainer Athan Siahaan sampaikan kearifan lokal lewat karya Ulos. Mengangkat Wastra Nusantara yang berperan penting di sektor perekonomian Indonesia di Solo, Senin (6/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Designer Indonesia yang telah mendunia Athan Siahaan sukses menggelar fashion show dengan Konsep Art Fashion dan Kontemporer.

Uniknya, kali ini Athan Siahaan menampilkan Ulos yang sudah berusia ratusan tahun. Ulos merupakan warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan. 

Dengan harapan motif lawas bisa di produksi lagi oleh para penenun. Sehingga motif tersebut tidak hilang begitu saja. 

Pada kesempatan kali ini Athan Siahaan mengeluarkan koleksi baru yang dibuat dari bahan Wastra Tenun ULOS sepanjang 30 meter.

Semua koleksi dibuat dengan teknik drapery tanpa Jahitan dan tanpa memotong kain. 

Designer Indonesia yang telah mendunia Athan Siahaan sukses menggelar fashion show dengan Konsep Art Fashion dan Kontemporer.
Uniknya, kali ini Athan Siahaan menampilkan Ulos yang sudah berusia ratusan tahun. Ulos merupakan warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan. Dengan harapan motif lawas bisa di produksi lagi oleh para penenun. Sehingga motif tersebut tidak hilang begitu saja.
Designer Indonesia yang telah mendunia Athan Siahaan sukses menggelar fashion show dengan Konsep Art Fashion dan Kontemporer. Uniknya, kali ini Athan Siahaan menampilkan Ulos yang sudah berusia ratusan tahun. Ulos merupakan warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan. Dengan harapan motif lawas bisa di produksi lagi oleh para penenun. Sehingga motif tersebut tidak hilang begitu saja. (IST)

Baca juga: Festival Ulos Ragihotang di Toba, Masyarakat Berharap Promosi Digalakkan

"Ini merupakan koleksi baru saya, berbahan wastra tenun ulos dengan teknik drapery tanpa jahitan, tanpa memotong kain," ungkapnya pada Tribunnews, Senin (6/12/2021). 

BERITA TERKAIT

Fashion Show Yang Bertajuk “THE MISTYCAL OF KALIANDRA ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian lara perajin tradisional dari seluruh indonesia. 

Athan Siahaan mengajak semua kalangan untuk bangga memakai Wastra Nusantara sebagai identitas jiwa kebangsaan.

Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme generasi milenial agar tidak malu memakai Wastra Nusantara 

Athan Siahaan menegaskan mengangkat kearifan lokal dan mengangkat Wastra nusantara sangat penting bagi Sektor Perekonomian Indonesia.

Karena akan menjadi tulang punggung ekonomi. Berpotensi menyerap tenaga kerja serta kontribusi terhadap perekonomian Nasional. 

"Saya akan tetap berjuang untuk melestarikan Wastra nusantara dan akan tetap melakukan perjalanan untuk memperjuangkan Wastra yang sudah menjadi jiwa saya," kata Athan lagi.

Designer Indonesia yang telah mendunia Athan Siahaan menggelar fashion show. Athan Siahaan mengeluarkan koleksi baru yang dibuat dari bahan Wastra Tenun ULOS sepanjang 30 meter. Semua koleksi dibuat dengan teknik drapery tanpa jahitan dan tanpa memotong kain.
Designer Indonesia yang telah mendunia Athan Siahaan menggelar fashion show. Athan Siahaan mengeluarkan koleksi baru yang dibuat dari bahan Wastra Tenun ULOS sepanjang 30 meter. Semua koleksi dibuat dengan teknik drapery tanpa jahitan dan tanpa memotong kain. (IST)

Fashion Show ini semakin menarik karena digelar di taman Balekambang Solo yang sudah berusia ratusan tahun.

Penyelenggaraan acara fashion show tersebut juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Ia pun menambahkan jika pengunjung ingin melihat kekayaan Indonesia, maka bisa melihat Wastra Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Dimulai dari Miangas sampai pulau Rote betapa kaya Wastra Indonesia itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas