Tribun Lifestyle

Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tak Berkurang

Ikan sangat baik untuk dikonsumsi, karena merupakan sumber protein lain dan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tak Berkurang
Shutterstock
Ikan salmon untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sering kali mendengar tagline Gemar Makan Ikan. Rutin makan ikan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh.

Ikan sangat baik untuk dikonsumsi, karena merupakan sumber protein lain dan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang tinggi, sehingga mengkonsumsi ikan dapat membantu meningkatkan kecerdasan.

Namun, penting untuk memperhatikan proses penyimpanan dan pengolahan dari ikan yang akan dikonsumsi, karena ikan  mudah busuk jika tidak ditangani dengan baik.

Akademisi Universitas Airlangga di Banyuwangi, Hapsari Kenconojati, S.Si., M.Si., mengatakan, komoditas perikanan sangat penting untuk ditangani sebelum dikonsumsi.

Baca juga: 8 Rekomendasi Makanan Sumber Protein Nabati untuk Vegetarian

Penanganan ikan sendiri bisa dibagi menjadi penyimpanan, perlakuan, dan pengolahan.

“Kalau untuk teknik pengolahan ikan, saya rasa masyarakat sudah cukup paham. Tapi hal-hal mendasar mengenai perlakuan, penyimpanan, dan cara mengolah biasanya yang sering dilalaikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ada 2 tips dalam mengolah ikan yang akan dikonsumsi, yaitu perlakuan yang tepat dan pengolahan dengan benar.

Perlakuan ikan berkaitan dengan kesegaran dan masa simpan ikan.  Sebaiknya, setelah ikan ditangkap lebih baik langsung disimpan dalam suhu rendah seperti di es atau dibekukan, sehingga proses pembusukan ikan dapat terhambat.

“Jika mendapat ikan dari pasar, sebaiknya ikan segera disiangi, dibuang bagian insang dan saluran pencernaannya, setelah itu baru diolah lebih lanjut atau disimpan ke freezer,” imbuhnya.

Jangan Simpan Ikan di Freezer Kulkas Rumah Lebih dari dua Minggu

Penyimpanan ikan di freezer juga perlu diperhatikan, meskipun bisa menghambat proses pembusukan ikan. Namun, tidak selamanya ikan bisa disimpan di dalam freezer.

Baca juga: Kenali Tiga Gejala Saat Anak Mengalami Alergi Protein Sapi

Ikan yang terlalu disimpan dalam freezer  cita rasanya akan berkurang. Freezer yang bagus biasanya bisa menyimpan ikan 1-2 bulan. Namun jika memakai freezer dari kulkas rumahan, sebaiknya tidak lebih dari 1 minggu dalam menyimpan ikan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas