Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Amy Atmanto: Berbagai Event Fesyen Mulai Digelar Seiring Kurva Covid-19 Yang Terus Melandai

Setelah dua tahun lebih dilanda pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia kini berangsur pulih.

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Amy Atmanto: Berbagai Event Fesyen Mulai Digelar Seiring Kurva Covid-19 Yang Terus Melandai
dok pribadi
Amy Atmanto (nomor dua dari kanan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah dua tahun lebih dilanda pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia kini berangsur pulih.

Roda perekonomian mulai berputar kembali dan geliat aktivitas industri mulai terlihat. Bangsa ini optimis untuk segera melewati masa transisi menuju endemi.

Pengurus Pusat MES/Desainer Pembina Industri Kreatif, Amy Atmanto mengatakan kebijakan Presiden Joko Widodo pada 17 Mei 2022 tentang pelonggaran lepas masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan (outdoor) dan tidak padat atau tidak dalam kerumunan, menjadi satu isyarat positif untuk segera memasuki tahap relaksasi, sebelum akhirnya benar-benar hidup berdampingan dengan SARS-CoV-2 tanpa dihantui rasa takut.




Harapan Bangkitnya Modest Fashion Nasional

Amy Atmanto juga mengatakan bahwa salah satu industri yang selama beberapa bulan terakhir ini mulai bangkit adalah industri fesyen.

"Sebagai salah satu industri dengan rantai pasok yang panjang dari hulu hingga hilirnya, kebangkitan industri fesyen berpengaruh positif bagi kepentingan ribuan hingga jutaan orang yang terlibat di dalamnya," ungkap Amy Atmanto.

Jika sekilas menapak tilas perjuangan para pelaku industri kreatif, khususnya industri fesyen, untuk bertahan di masa pandemi, kita melihat kegigihan para desainer untuk tidak terpuruk. Mereka berhasil berdamai dengan keadaan, beradaptasi, lalu mencari celah untuk tetap eksis.

BERITA TERKAIT

"Banyak di antara desainer yang terpaksa melakukan ‘perampingan’ karyawan di workshop mereka. Tak hanya itu, para desainer juga mesti legowo untuk ‘menundukkan’ ego dan idealisme dalam berkreasi karena harus memproduksi fashion item yang dibutuhkan masyarakat demi mempertahankan bisnis," jelas Amy Atmanto.

Masker, home dress set, topi, dan jaket berbahan waterproof (anti percikan air), hingga alat pelindung diri (APD), semuanya diakui Amy Atmanto menjadi barang-barang yang wajib dimiliki setidaknya selama tahun pertama pandemi.

"Produk yang sebelumnya tidak pernah terpikir untuk dibuat, mau tidak mau menjadi komoditas yang mampu menjaga eksistensi para desainer di masa pandemi. Namun meski ‘takluk’ dalam urusan produk, kreativitas tak lantas padam. Masing-masing desainer mempertahankan ciri khas desain pada produk yang mereka buat," tutur Amy Atmanto.

Geliat Kegiatan Off-Air Modest Fashion

Jelang akhir tahun 2021, harapan para pelaku industri fesyen Tanah Air satu per satu diakui Amy Atmanto mulai terwujud.

"Berbagai event dan pertunjukan fesyen mulai digelar seiring kurva Covid-19 yang terus melandai. Meskipun jumlah penikmat fesyen yang menyaksikan masih dibatasi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan protokol kesehatan yang ketat, kebahagiaan yang dirasa pelaku industri mode tak bisa dilukiskan dengan kata-kata," urai Amy Atmanto.

Seperti diketahui salah satu event fesyen akbar yang digelar secara hybrid di tahun 2021 masuk dalam rangkaian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang dilaksanakan pada 27-30 Oktober 2021 di Jakarta Convention Center.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas