Tribun Lifestyle

Ketahui Lima Faktor Penyebab Penurunan Kolagen di Dalam Tubuh

Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK membeberkan lima penyebab faktor penurunan kolagen di dalam tubuh. Berikut ulasan lengkapnya.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Ketahui Lima Faktor Penyebab Penurunan Kolagen di Dalam Tubuh
Nova
Ilustrasi wajah - Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK membeberkan lima penyebab faktor penurunan kolagen di dalam tubuh. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolagen adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh laki-laki dan perempuan. Karenanya, setiap orang perlu mengetahui bagaimana memenuhi kolagen. Setidaknya ada lima penyebab faktor penurunan kolagen di dalam tubuh.

Menurut Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK. Kolagen bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu telur dan sebagainya.

Yohan pun menyebutkan jika setiap orang butuh dengan kolagen. Baik itu laki-laki, maupun perempuan.

"Laki-laki dan perempuan perlu kolagen," tegasnya pada konferensi pers Nutriville di Gran Indonesia Jakarta, Kamis (19/8/2022).

Lalu seberapa penting kolagen untuk tubuh kita?

Baca juga: Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh dan Cara Pemenuhannya

Menurut dr Yohan, kolagen berkaitan dengan kesehatan kulit, salah satunya penuaan. Nyatanya penuaan tidak hanya terjadi karena bertambah tua.

Bahkan ketika usia masih muda, kulit bisa kelihatan sudah tua. Tanda-tandanya seperti kulit keriput, tidak kenyal, kekencangan berkurang, dan terlihat kusam.

"Penuaan kulit yang begitu cepat dikarena kekurangan kolagen. Dan terlihat dari kulit kita," katanya lagi.

Lalu, ketika kolagen rendah dalam tubuh, maka terjadi penurunan kolagen di dalam tubuh kita. Kulit yang sehat tidak mesti cerah. Tapi juga harus memberikan bentuk yang kencang, elatis dan sebagainya.

Karenanya, perlu mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan kolagen pada tubuh.

Baca juga: Kulit Tetap Cantik, Ternyata Ini Sederet Manfaat Kopi Kolagen

Pertama, terpapar banyak polusi ternyata bisa menurunkan kadar kolagen. Paparan polusi bisa didapatkan dari asap knalpot, atau bekerja, tinggal di wilayah pabrik.

Kedua karena rokok dan alkohol. Ketiga, efek kurang tidur, bergadang dan stres. Keempat karena paparan radikal bebas yang menyebabkan kulit menjadi keriput.

"Salah satunya bisa dari paparan sinar matahari. Kebanyakan masyarakat kita terkena paparan ultraviolet A. Dan ini bisa menyebabkan kolagen turun. Ultraviolet A banyak ditemukan di atas jam 10," tegasnya.

Kelima, khusus pada perempuan, kolagen menurun disebabkan karena masalah hormonal. Terutama pada usia 20 tahun ke atas, secara alamiah kolagen turun 1-1,5 persen pertahunnya secara natural.

"Pada perempuan menopause, estrogen mengalami penurunan. Akibatnya, kolagen ikut menurun. Pada kulit langsung kelihatan keriput dan kusam," pungkasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas