Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Kian Beragam, Desain Sarung Kini Ada Inovasi Corak Batik Hingga Tema Kemerdekaan

Direktur Utama Behaestex, Najib Abdurrauf Bahasuan mengatakan pihaknya meluncurkan 5 produk bertema kemerdekaan, sesuai dengan peringatan HUT ke-77 RI

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Kian Beragam, Desain Sarung Kini Ada Inovasi Corak Batik Hingga Tema Kemerdekaan
Istimewa
Petugas pengibar bendera memakai produk sarung bertema kemerdekaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia memiliki berbagai macam kain yang bisa digunakan dalam berbagai acara, mulai dari tenun, lurik, batik, hingga sarung.

Tenun, lurik dan batik cenderung digunakan dalam acara perayaan, sedangkan sarung kerap dikenakan saat acara keagamaan untuk beribadah.

Namun menariknya, saat ini sarung turut digunakan sebagai bagian dari tren fashion dunia.

Lalu apa itu sarung?

Dikutip dari laman www.kontinentalist.com, Rabu (24/8/2022), penggunaan sarung kini lebih dari sekadar tampilan tenunan indah dari tradisi dan budaya Asia yang kaya.

Sarung telah digunakan dari waktu ke waktu sebagai alat untuk mengendalikan komunitas etnis dan menantang sistem yang menindas.

BERITA TERKAIT

Inilah bagaimana simbolisme sarung telah berevolusi dari zaman pra-kolonial menjadi tren mode global saat ini.

Sarung, yang secara luas didefinisikan sebagai sepotong kain panjang yang melilit tubuh, adalah salah satu pakaian tertua yang digunakan di seluruh nusantara dan kawasan Asia.

Dalam bahasa Melayu atau Indonesia, kata sarung berarti 'menutup' atau 'menutupi', kain ini secara tradisional diikatkan di pinggang saat dipakai sehari-hari maupun acara formal.

Material yang digunakan untuk membuat sarung biasanya memiliki sifat ringan dan sejuk, sehingga memungkinkan udara bersirkulasi ke seluruh tubuh dan menjaga pemakainya agar merasa tetap sejuk saat berada pada kondisi iklim panas atau lembab.

Saat ini di Indonesia, ada banyak brand yang mengeluarkan produk sarung untuk tidak hanya dikenakan saat beribadah saja, namun juga berbagai kesempatan.

Meskipun sarung dikenal sebagai salah satu atribut yang kerap dikenakan kaum laki-laki untuk beribadah, namun kini corak yang dituangkan pada kain sarung pun beragam.

Satu di antaranya diperkenalkan oleh Behaestex, perusahaan ini meluncurkan sederet produk terbarunya yang berkaitan dengan tema 'kemerdekaan' dan produk kolaborasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas