Tribun Lifestyle

Sempat Terseok Akibat Pandemi, Toko Bahan Bangunan Kini Mulai Bangkit Kembali

Pandemi virus corona (Covid-19) yang berlangsung selama lebih dari 2 tahun memang telah membuat bangak sektor penopang perekonomian.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Sempat Terseok Akibat Pandemi, Toko Bahan Bangunan Kini Mulai Bangkit Kembali
Tribunnews/Herudin
Ilustrasi pameran bahan bangunan, arsitek, dan desain interior. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah sektor bisnis di Tanah Air sempat terdampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Salah satu sektor yang paling terdampak akan lesunya ekonomi adalah toko bangunan karena minimnya permintaan renovasi atau membangun rumah di saat pandemi.

Sejalan dengan pengendalian pandemi COVID-19 yang berlangsung optimal di Indonesia, perekonomian kembali pulih ditandai dengan kembali tingginya permintaan di sejumlah sektor konsumsi termasuk permintaan bahan bangunan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat,  Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) konstruksi atau bangunan pada Agustus 2022 mengalami peningkatan sebesar 0,76 persen, dari bulan sebelumnya.

Peningkatan indeks ini menunjukkan mulai adanya peningkatan permintaan terhadap produk-produk komoditas bahan bangunan.

Pengusaha toko bangunan yang sempat merugi sepanjang pandemi dapat memanfaatkan meningkatnya permintaan produk bahan bangunan dengan memperluas jangkauan pemasaran.

Salah satu upaya memperluas jangkauan pemasaran toko bangunan adalah dengan memanfaatkan platform ecommerce khusus untuk produk bahan bangunan seperti UKUR.

Di era new normal  saat ini, di saat ekonomi mulai menggeliat kembali, teknologi mulai dimanfaatkan pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Lewat platform UKUR, para pengusaha toko bangunan bisa semakin memperluas jangkauan pasar mereka dengan menambah akses pasar online. Kehadiran toko bangunan online diharapkan bisa mengkompensasi penurunan penjualan selama pandemi berlangsung beberapa tahun lalu,.

Tips Membangun Toko Bangunan Online

Berikut tips untuk para pelaku bisnis atau pengusaha toko bangunan yang ingin memanfaatkan momentum tingginya permintaan bahan bangunan dengan berjualan secara online sekaligus bisa bangkit kembali di periode pasca-pandemi COVID-19:

1. Cari Wadah untuk Berjualan Secara Online

Pengusaha toko bangunan yang punya rencana membuka toko online sebaiknya segera mencari tahu daftar marketplace untuk toko bangunan.

Salah satu marketplace toko bangunan yang bisa pengusaha toko bangunan jadikan pilihan adalah UKUR. Marketplace  satu ini telah wadah di mana banyak sekali pengusaha bahan bangunan mendaftarkan toko mereka secara online.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas