Tribun Lifestyle

Buat Apa Traveling Jauh-Jauh? Ini 7 Destinasi Wisata Mengesankan di Jakarta!

refreshing menjadi hal yang wajib dilakukan sesekali oleh warga Jakarta. Tak jarang, mereka yang butuh liburan bahkan memutuskan untuk bepergian

Penulis: Anniza Kemala
zoom-in Buat Apa Traveling Jauh-Jauh? Ini 7 Destinasi Wisata Mengesankan di Jakarta!
Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta
Museum Sejarah Jakarta (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta) 

TRIBUNNEWS.COM - Bagi mereka yang tinggal di ibu kota DKI Jakarta, rasa penat akibat kesibukan sehari-hari mungkin sudah merupakan hal yang biasa.

Oleh karena itu, refreshing menjadi hal yang wajib dilakukan sesekali oleh warga Jakarta. Tak jarang, mereka yang butuh liburan bahkan memutuskan untuk bepergian ke berbagai destinasi wisata di luar kota, bahkan hingga ke luar pulau.

Akan tetapi, yang namanya liburan juga terkadang perlu menyesuaikan dengan tanggal merah. Masalahnya, tanggal merah di tahun 2022 ini hanya tersisa dua hari lagi.

Namun, jangan khawatir! Sebagai penghuni Kota Jakarta, kamu tak perlu lagi pergi jauh untuk dapat melepas penat dengan sesaat. Soalnya, sudah ada banyak destinasi wisata kekinian yang bisa kamu temukan di sekitar Jakarta.

Selain lebih mudah untuk dikunjungi, 7 destinasi di bawah ini menawarkan pengalaman mengesankan dengan segelintir aktivitas yang cocok untuk dijelajahi semua kalangan!

1. Jelajah warisan Jakarta di wajah baru Kota Tua yang berganti nama Batavia

Pedestrian kawasan Batavia3
Pedestrian kawasan Batavia (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Berbicara mengenai warisan Jakarta berarti berbicara mengenai Kota Tua. Dengan wajah barunya, destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang menggemari wisata sejarah. 

Ada berbagai warisan kota Jakarta yang bisa kamu jelajahi di destinasi ini, mulai dari Museum Sejarah Jakarta, Taman  Fatahillah, hingga Kantor Pos Kota Tua yang melegenda.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada September 2022 lalu mengubah nama kawasan wisata Kota Tua menjadi Batavia.

Nama Batavia dipilih karena mencerminkan masa lalu, namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin merancang ulang Kota Tua dengan konsep kota modern masa depan.

Batavia sendiri merupakan nama asli dari kawasan Kota Tua Jakarta, sehingga penamaan Batavia sesuai dengan nama aslinya dahulu.

Usai revitalisasi, Batavia pun jadi makin populer dikunjungi dengan area pejalan kaki yang lebih luas dan  transportasi publik yang terintegrasi, seperti KRL commuter line, TransJakarta, dan MRT di kemudian hari.  Selain itu, Batavia juga memiliki beragam spot foto di setiap sudut!

Terlebih lagi, Batavia sekarang telah menjadi kawasan rendah emisi, sehingga kamu akan merasakan pengalaman yang lebih nyaman sembari menjelajahi berbagai tempat di destinasi ini.  Selain rendah emisi, kini Batavia lebih nyaman bagi pejalan kaki, ramah disabilitas, pun ramah bagi pesepeda berkat kehadiran dua jalur khusus pada satu jalan.

2. Nonton pertandingan olahraga hingga konser di JIS

Jakarta International Stadium (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Jakarta International Stadium (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Jakarta International Stadium (JIS) yang diresmikan Juli 2022 lalu adalah kebanggaan terbaru Kota Jakarta. Untuk kamu yang mendambakan aktivitas seru tanpa perlu pergi jauh ke luar kota, JIS adalah tempatnya!

Selain berstandar internasional, JIS juga mengusung green building concept pertama di Indonesia. Dengan kapasitas 82.000 penonton, ada berbagai pertandingan olahraga serta konser musisi seru yang bisa kamu tonton di JIS.

Selain itu, stadion modern ini juga dilengkapi dengan sky viewing deck, sky catwalk, dan atap buka tutup. Jadi, meski sedang tidak ada pertandingan ataupun konser yang diselenggarakan di JIS, destinasi ini juga bisa jadi spot fotografi dan selfie yang keren, terutama di malam hari.

Tak hanya itu, JIS juga ramah untuk penyandang disabilitas. Stadion ini memiliki 200 kursi duduk, puluhan lot parkir, serta toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

3. Makin dekat dengan alam di Tebet Eco Park

Tebet Eco Park (Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Tebet Eco Park (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Ingin merasakan wisata alam tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar kota? Jakarta juga punya Tebet Eco Park! Destinasi yang terletak di Jakarta Selatan ini dulunya bernama Taman Tebet dan disulap menjadi ruang terbuka hijau setelah proses revitalisasi.

Tebet Eco Park menghadirkan berbagai fasilitas dengan 8 zona berbeda yang mengusung elemen keberlangsungan lingkungan dan interaksi sosial, sehingga kamu akan merasa lebih dekat dengan alam saat menghabiskan waktu di sini.

Lewat zona yang berbeda-beda seperti taman komunitas, tempat bermain anak, wetland boardwalk, hingga kawasan pepohonan hijau, dan tumbuh-tumbuhan, kamu bisa lakukan beragam aktivitas seru seperti piknik, jogging, main panjat tebing, outdoor fitness, atau sekadar duduk di taman sambil menikmati udara kota yang segar!

4. Bersepeda di sepanjang jalur Sudirman Road

Sudirman Road (JPOS) Phinisi (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Sudirman Road (JPOS) Phinisi (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Enggak heran, wilayah Sudirman memang punya segudang daya tarik. Sebut saja Terowongan Kendal, jalur pejalan kaki yang artistik dengan adanya mural aneka warna karya seniman populer tanah air, Darbotz, serta seniman asal Jerman, Snyder. Lalu ada juga Jembatan Phinisi, JPO di Karet Sudirman yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkat latarnya yang instagrammable.

Selain spot yang beragam, terdapat aktivitas favorit yang bisa dilakukan di sepanjang Sudirman Road, yaitu bersepeda! Buat kamu yang ingin menyegarkan badan dan pikiran di tengah-tengah jadwal yang padat, kegiatan ini bisa kamu lakukan tanpa pergi jauh-jauh dari Jakarta.

Enggak perlu menunggu Car Free Day di akhir pekan, aktivitas ini juga bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum bekerja ataupun sore hari usai pulang kerja. Simpel, namun memberikan efek refreshing!

5. Wisata bahari di Pulau Macan, Kepulauan Seribu

Pulau Macan (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Pulau Macan (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Mendambakan wisata bahari? Kamu tidak perlu pergi ke luar pulau untuk mendapatkan pengalaman tersebut, sebab Jakarta punya wilayah Kepulauan Seribu yang menawarkan destinasi wisata pantai dan laut yang memesona.

Salah satu destinasi yang bisa kamu jajal di Kepulauan Seribu adalah Pulau Macan. Pulau resor ini menawarkan nuansa eksotis dengan pemandangan menakjubkan serta suasana untuk relaksasi, sehingga cocok bagi kamu yang ingin beristirahat dari rutinitas sehari-hari.

Tentunya, ada berbagai aktivitas seru yang mengesankan bisa kamu lakukan di destinasi ini, seperti snorkeling, diving, hingga canoe, dan windsurfing.

Selain Pulau Macan, terdapat juga destinasi lain di Kepulauan Seribu dengan keindahan laut yang tak kalah menawan, seperti Pulau Semak Daun dan Pulau Pramuka. Tak hanya untuk berlibur, destinasi-destinasi di Kepulauan Seribu ini juga bisa jadi tempat alternatif untuk work from anywhere.

6. Santap makanan lezat dari atas langit di Lounge in The Sky

Lounge in the sky (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
Lounge in the sky (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Di Jakarta, kamu bisa mendapatkan pengalaman unik nan istimewa dengan menyantap makanan dari atas langit di Lounge in The Sky.

Restoran asal Belgia yang pernah masuk ke dalam 10 Restoran Terunik di Dunia pada tahun 2004 ini kini hadir di Jakarta. Terletak di Mangkuluhur City, Jakarta Selatan, pemandangan area Semanggi dan SCBD akan terlihat dari restoran melayang yang berada di ketinggian 50 meter ini!

Sembari menyantap makanan yang lezat selama satu jam, kamu tak hanya dapat menyaksikan gemerlap ibu kota, namun juga mengabadikan pemandangan dari tempat ini lewat kamera. Sebelum berkunjung ke Lounge in The Sky, pastikan kamu melakukan reservasi terlebih dahulu karena restoran ini memiliki jumlah meja yang terbatas!

7. Saksikan panorama kota di J-Sky Ferris Wheel

J-Sky Ferris Wheel (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)
J-Sky Ferris Wheel (Dok. Dinas Pariwisata DKI Jakarta)

Jika kamu sering berkunjung ke taman hiburan, pastinya sudah tak asing lagi dengan wahana bianglala. Nah, J-Sky Ferris Wheel ini adalah bianglala yang berlokasi di AEON Mall Jakarta Garden City (JGC).

Dengan kapasitas untuk enam orang di satu gondola, J-Sky Ferris Wheel yang memiliki diameter seluas 50 meter dengan 32 gondola merupakan bianglala terbesar di Indonesia. Saat menaiki J-Sky Ferris Wheel, kamu bisa menyaksikan panorama Kota Jakarta yang begitu indah, baik di siang maupun malam hari.

Wahana ini terletak di rooftop AEON Mall JGC di lantai 3. Untuk menaiki J-Sky Ferris Wheel, kamu bisa membeli tiket seharga Rp 50.000/orang, tiket pasangan seharga Rp 160.000/gondola, atau tiket VIP seharga Rp 350.000/gondola!

Dengan keberagamannya, Jakarta adalah kota kolaborasi yang menjadi tempat pertemuan sempurna bagi kehidupan perkotaan dan keindahan alam.

Kamu pun dapat turut mendukung kemajuan perekonomian dan industri kreatif ibu kota tercinta ini dengan berkunjung ke berbagai destinasi menakjubkan yang ditawarkan di Jakarta.

Karenanya, enggak perlu lagi pergi ke luar kota. Meski tanggal merah masih jauh, ada banyak hal yang bisa kamu jelajahi di Jakarta!

Yuk, temukan dan jelajahi lebih banyak destinasi seru dan mengesankan di Jakarta dengan mengklik https://www.jakarta-tourism.go.id/

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Bardjan

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas