Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Nana Boediman Berbagi Tips Mengenal Struktur Rambut dan Perawatannya

Melanin pigment yang ada pada rambut yang menentukan warna rambut natural atau alami pada manusia

Penulis: Toni Bramantoro
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Nana Boediman Berbagi Tips Mengenal Struktur Rambut dan Perawatannya
Istimewa
Nana Boediman Creative Director Sibel Hairdressing yang mendapatkan Hair Skill di Singapore, dalam kesempatan zoom meeting bersama media 

Laporan Wartawan Toni Bramantoro

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rambut adalah protein filamen (serat) yang tumbuh dari hair follicles yang terletak di dalam kulit bagian dermis. Memiliki rambut adalah salah satu karakterisitik pada mamallia.

Protein filament tersebut terbagi menjadi dua tipe, terminal (rambut yang lebih tebal, biasa pada kepala, alis, area genitalia) dan tipe satu lagi adalah vallus (bulu yang tipis, biasa di daerah tangan, kaki).




Demikian dijelaskan Nana Boediman Creative Director Sibel Hairdressing yang mendapatkan Hair Skill di Singapore, dalam kesempatan zoom meeting bersama media.

Nana Boediman memberikan pandangannya terkait hal bagaimana para pengelola salon kecantikan melakukan sebuah tindakan pelayanan kepada konsumen yang akan melakukan perawatan rambut.

Namun sebelumnya, Nana Boediman memberi menjelaskan ilmiah terlebih dulu mengenai struktur batang rambut.

Disebutkannya, struktur batang rambut terbagi menjadi 3, yaitu Medulla, Cortex dan Cuticle. Medulla adalah bagian terdalam, tidak semua tipe rambut memiliki medulla, biasa rambut yang naturally blonde, tidak memiliki medulla. 

BERITA TERKAIT

Cortex adalah bagian kedua. Cortex terbuat dari Keratin filamen yang berbentuk seperti kabel telepon, sifatnya elastis, sehingga ketika anda menarik rambut anda, dia akan elastis, kemudian jika dilepas kembali, bentuk protein tersebut akan kembali seperti semula. Keratin filamen tersebut disatukan oleh disulphide bond dan hydrogen bond.

Baca juga: 5 Tips Hasil Catokan Rambut Tetap Awet seperti di Salon

Setiap orang memiliki Keratin tersebut, memilik pigment yang disebut sebagai melanin. Melanin pigment pada rambut yang menentukan warna rambut natural pada manusia.

Ada dua tipe melanin, yaitu eumelanin (memberikan pigment lebih gelap pada rambut) dan pheomelanin (memberikan pigment lebih terang daripada rambut).

Tekstur Rambut dipengaruhi dari beberapa faktor, salah satunya adalah bentuk dari hair follicle.

Pada orang Asia, hair follicle biasanya memiliki bentuk hair follicle yang bulat, sehingga akan memiliki dissulphide bond yang lebih sedikit di batang rambut. Sehingga bentuknya menjadi lurus. Sedangkan besarnya hair follicles menentukan tipis atau tebalnya batang rambut.

Lalu yang ketiga Cuticle alias Kutikula. Kutikula rambut adalah bagian terluar dari batang rambut. Kutikula ini terbentuk dari sel-sel mati, berbentuk lapisan yang overlap dan membentuk sisik yang memperkuat dan melindungi batang rambut. Pada kutikula yang sehat, batang rambut akan terasa lembut.

Nana Boediman pun mengungkapkan soal protein rambut. Pada tubuh manusia, kuku, rambut, tendon, antibodi, dan hemoglobin mengandung protein. Protein adalah polimer alami yang membentuk 15 persen dari tubuh kita. Ini adalah makromolekul yang sangat besar molar mass nya bisa dari 6.000 hingga dibawah 1.000.000 gram.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas