Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Wastra Nusantara Pukau Panggung Mode Dunia Lewat Tenun Ende dan Gringsing

Fashion Designer tanah air yang turut memanfaatkan keindahan wastra nusantara ini adalah Prasetyo Anggodo melalui brandnya Anggodo.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Wastra Nusantara Pukau Panggung Mode Dunia Lewat Tenun Ende dan Gringsing
Istimewa
Fashion Designer tanah air memanfaatkan keindahan wastra nusantara adalah Prasetyo Anggodo melalui brandnya Anggodo. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dunia fashion tanah air terus bertransformasi, ada begitu banyak kreativitas dan inovasi baru yang bermunculan dan mampu menghidupkan geliat bisnisnya.

Perlu diketahui, sebagai subsektor ekonomi kreatif (ekraf), industri fashion di Indonesia saat ini kian menunjukkan kekuatan wastra nusantara yang sangat kuat.

Ada banyak desainer hingga rumah mode yang kian berani memanfaatkan wastra nusantara sebagai material utama dalam pembuatan koleksi busananya.

Baca juga: Wastra Batik dan Bordir Koto Gadang Kian Dilirik Panggung Mode Tanah Air

Salah satu Fashion Designer tanah air yang turut memanfaatkan keindahan wastra nusantara ini adalah Prasetyo Anggodo melalui brandnya Anggodo.

Designer asal Bali ini suskses mengangkat wastra Bali yakni tenun ende dan gringsing di panggung mode skala Internasional 'New York Indonesia Fashion Week' yang menjadi rangkaian fashion show kelas dunia New York Fashion Week.

Gelaran fashion show itu pun baru saja berlangsung di New York, Amerika Serikat (AS) pada 11 Februari lalu.

BERITA TERKAIT

Sebagai satu-satunya Designer dari Bali yang ikut ambil bagian dalam fashion show tersebut, Anggodo sukses membuat para tamu undangan dari berbagai kalangan di New York terpukau melihat para model yang tampil luar biasa.

Ia pun bangga membawa nama Bali yang sudah sangat dikenal luas oleh mayoritas undangan, bahkan istri Duta Besar Indonesia untuk AS yang turut hadir yakni Ayu Heni Rosan pun sangat mengapresiasi karya Anggodo.

Anggodo pun berharap ke depannya bisa tampil kembali dalam event fashion show internasional sebagai upaya konsistennya mengangkat kain khas bali sebagai daya tarik utamanya.

New York Indonesia Fashion Week kali ini tampil sangat berbeda karena digelar di atas kapal persiar yang mengelilingi kota Manhanttan selama 4 jam.

Semua Designer Indonesia yang tampil dalam event tersebut diorganisir oleh Yayasan Indonesia Fashion Art Festival (IFAF) yang dipimpin Lina Marlina sebagai Founder dan Vanny Tausignat sebagai Director New York Indonesia Fashion Week.

Event kali ini tentu dihadiri pula oleh banyak diaspora Indonesia dan didukung KJRI Indonesia di New York.

Baca juga: Wastra Sumatera Utara Tampil Elegan di Tangan Tenun Gaya by Wignyo

Kehadiran Anggodo dalam panggung mode dunia itu kali ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Bali, Kabupaten Jimbaran, Magnum Holding PT Delapan Benua)l dan Nutrimax Food Supplement PT Suryaprana Nytrisindo.

Semuanya memiliki visi yang sama untuk menjadikan produk lokal dan wastra Indonesia menembus pasar global sehingga dapat memperkuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mengharumkan nama bangsa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas