Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Pesan Kepala BKKBN Agar Pemuda Indonesia Tak Terjebak Pendapatan Menengah, Harus Sukses sebelum 2035

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) berharap Indonesia harus bisa memanfaatkan dengan baik Bonus Demografi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Pesan Kepala BKKBN Agar Pemuda Indonesia Tak Terjebak Pendapatan Menengah, Harus Sukses sebelum 2035
bkkbn
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) saat menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda Universitas Respati Indonesia (Urindo) Tahun Akademik 2022-2023 di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (26/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K) berharap Indonesia harus bisa memanfaatkan dengan baik Bonus Demografi.

Harapannya, agar tidak masuk dalam jebakan Pendapatan Menengah (middle income trap) menjelang Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Menkes Ungkap Bonus Demografi Momentum Indonesia Lompat Jadi Negara Maju di 2030




“Hari ini setiap 100 orang bekerja hanya menanggung 44. Jadi kalau mau kaya adalah sekarang di era Bonus Demografi ini. Kalau tidak sekarang kapan lagi dan kalau tidak oleh generasi muda ini oleh siapa lagi. Kita lihat di sini bahwa tahun 2035 sudah akan lewat windows opportunity Bonus Demografi karena dependency ratio sudah naik," kata dr. Hasto saat menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda Universitas Respati Indonesia (Urindo) Tahun Akademik 2022-2023 di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (26/10/2024).

Menurutnya, saat Indonesia terjebak di middle dan low income trap ini maka susah untuk diatasi, lantaran perbandingan yang bekerja dengan yang butuh makan sudah mulai berat.

“Hati-hati, sebelum Indonesia Emas kita di tahun 2035 itu harus sukses. kalau tidak sukses, berat. Jadi kita harus memanfaatkan windows opportunity ini. Generasi muda menjadi penentu kita akan memetik Bonus Demografi atau tidak? Generasi muda harus tidak kawin pada usia dini, harus tidak putus sekolah, harus tidak nganggur, harus tidak sebentar-sebentar hamil,” kata dr. Hasto.

Dalam orasi itu, dr. Hasto juga menyampaikan apresiasi kepada Urindo yang telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM dan keluarga. 

BERITA TERKAIT

Salah satunya dengan dibentuknya Sekolah Lansia.

“Bonus penduduk menjadi bonus kesejahteraan. Tentu butuh upaya diantaranya adalah peningkatan layanan pendidikan dan juga pelayanan kesehatan itu menjadi prioritas penting menurunkan angka stunting, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga menjadi angka utama,” lanjut Dokter Hasto.

Dokter Hasto mengatakan, kualitas sumber daya manusia itu ditentukan oleh 3 hal seperti bagaimana pendapatan per kapitanya, bagaimana angka harapan hidupnya, dan kemudian juga bagaimana pendidikannya. 

Rata-rata Pendidikan untuk rata-rata lama sekolah masih 8,48 tahun meskipun harapan lama sekolahnya harusnya sudah 12 tahun. 

Hal ini menjadi satu hal serius agar indeks pembangunan manusia meningkat. 

Kesenjangan daerah masih terlalu tinggi antara satu daerah dengan daerah yang lain, sebagai contoh IPM Yogyakarta 79, Bali 75, namun ternyata IPM Papua 60,44 dan seterusnya. 

Pengaruh dari stunting itu sangat serius karena human capital index Indonesia yang sangat erat dengan intellectual skill manusia dan ini menjadi indikator penting dalam menentukan kualitas SDM satu bangsa, dengan stunting di atasi maka kualitas SDM juga bisa diatasi dengan baik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas