Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Contoh Teks Khutbah Jumat: Cara Merenungi Diri di Tengah Musibah

Contoh khutbah Jumat dengan tema renungan di tengah musibah, berkaitan dengan terjadinya musibah bencana alam seperti gunung meletus dan banjir.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat: Cara Merenungi Diri di Tengah Musibah
AP/Ardhy Fernando
Menara masjid terlihat saat Gunung Marapi memuntahkan material vulkanik saat meletus di Agam, Sumatera Barat, Indonesia, Senin, 4 Desember 2023 - Contoh khutbah Jumat dengan tema renungan di tengah musibah, berkaitan dengan terjadinya musibah bencana alam seperti gunung meletus dan banjir. 

TRIBUNNEWS.COM - Contoh khutbah Jumat dengan tema renungan di tengah musibah.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan terjadinya musibah bencana alam seperti gunung meletus dan banjir yang terjadi akhir-akhir ini.

Dalam khutbah Jumat bertema renungan di tengah musibah ini akan diterangkan bahwa setiap orang tidak luput dari musibah dan ujian.

Khotib dapat menyampaikan tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan cara melewati ujian atau musibah dengan sabar.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada hari Jumat (8/12/2023).

Simak contoh khutbah jumat berikut ini, melansir dari laman Pondok Pesantren Lirboyo.

Baca juga: Link Download Kalender Hijriah 2024 Resmi dari Kemenag

Khutbah Jumat: Renungan di Tengah Musibah

BERITA TERKAIT

Khutbah I

الْحَمْدُللهِ الْقَوِيّ سُلْطَانُهْ. اَلْوَاضِحِ بُرْهَانُهْ. اَلْمَبْسُوْطِ فِى الْوُجُوْدِ كَرَمُهُ وَاِحْسَانُهْ. تَعَالَى مَجْدُهُ وَعَظُمَ شَانُهْ. خَلَقَ الْخَلْقَ لِحِكْمَهْ. وَطَوَى عَلَيْهَاعِلْمَهْ. وَبَسَطَ لَهُمْ مِنْ فَائِضِ الْمِنّةِ مَاجَرَتْ بِهِ فِى اَقْدارِهِ الْقِسْمَهْ. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَه. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Hadirin jamaah sidang jumat rahimakumullah

Di siang yang penuh berkah ini, khatib berpesan kepada diri khatib sendiri khususnya, dan kepada segenap Di siang yang penuh berkah ini, khatib berpesan kepada diri khatib sendiri khususnya, dan kepada segenap jamaah jumat sekalian umumnya, agar senantiasa memupuk ketakwaan kita di hadapan Sang Pencipta.

Takwa dalam arti Imtitsaalu awamirih wajtinaabu nawaahih. Menjalankan segala perintah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Jangan jadikan ini seperti pesan yang acapkali terdengar dalam setiap khutbah, namun lebih tancapkan lagi ke dalam sanubari, kita renungi bersama, betapa takwa adalah modal utama bagi seorang hamba yang ingin meraih keselamatan dunia dan akhirat.

Hadirin rahimakumullah

Setiap dari kita pasti diberi cobaan, tantangan dan ujian dalam hidup, meski dengan kadar ringan dan beratnya berbeda-beda.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas