Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Teks Khutbah Jumat Hari Ini, 12 Januari 2024: Meraih Berkah di Bulan Rajab 1445 Hijriah

Contoh teks khutbah Jumat dengan tema meraih berkah di Bulan Rajab 1445 Hijriah, diterangkan meningkatkan ketakwaan dan mensyukuri nikmat Allah SWT.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Teks Khutbah Jumat Hari Ini, 12 Januari 2024: Meraih Berkah di Bulan Rajab 1445 Hijriah
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi Shalat Jumat - Contoh teks khutbah Jumat dengan tema meraih berkah di Bulan Rajab 1445 Hijriah, diterangkan meningkatkan ketakwaan dan mensyukuri nikmat Allah SWT. 

TRIBUNNEWS.COM - Contoh teks khutbah Jumat dengan tema meraih berkah di Bulan Rajab 1445 Hijriah.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan menyambut datangnya Bulan Rajab 1445 Hijriah yang jatuh mulai 13 Januari 2024.

Dalam khutbah Jumat singkat tentang meriah berkah di Bulan Rajab ini, akan diterangkan meningkatkan ketakwaan dan mensyukuri nikmat Allah SWT.

Khotib dapat menyampaikan tentang ajaran Islam tentang cara mendulang berkah dalam bentuk amal kebaikan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada hari ini, Jumat (12/1/2024).

Simak contoh khutbah jumat berikut ini, melansir dari laman Pondok Pesantren Lirboyo berjudul "Mendulang Berkah dari Bulan Rajab."

Khutbah I

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

BERITA TERKAIT

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita berusaha meningkatkan kadar iman dan takwa kepada Allah SWT. Dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Baca juga: Jadwal Puasa Rajab 2024 dan Bacaan Niat Puasa Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bulan Rajab akan segera kita masuki, Insya Allah. Rajab tergambar sebagai bulan bercocok tanam. Tentu bukan dalam arti lahirnya. Bercocok tanam dalam bentuk amal kebaikan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam kaitan bulan Rajab, ada sebuah doa teruntai indah untuk kita amalkan. Bunyinya :

اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

“Ya Allah berilah kami keberkahan pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.”

Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT agar kita diberi berkah. Berkah adalah salah satu nikmat Allah SWT. Kita harus menjaga nikmat ini dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Pertama, kita lestarikan berkah dalam hidup dengan senantiasa menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Caranya dengan mengerjakan semua perintah kebaikan dan menjauhi semua larangan.

Allah SWT berfirman :

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas