Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Doa Khatam Quran 30 Juz Lengkap Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Berikut bacaan doa khatam Qur'an 30 juz lengkap arab, latin dan artinya dalam Bahasa Indonesia, dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Doa Khatam Quran 30 Juz Lengkap Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia
Kolase Tribunnews
Doa Khatam Quran 30 Juz Lengkap Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia - Berikut bacaan doa khatam Qur'an 30 juz lengkap arab, latin dan artinya dalam Bahasa Indonesia, dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut bacaan doa khatam Qur'an 30 juz lengkap arab, latin dan artinya dalam Bahasa Indonesia.

Doa khatam Qur'an biasanya dilafalkan seorang muslim ketika telah selesai atau tamat membaca Al-Quran 30 Juz.

Terutama pada momen akhir Ramadhan ketika lengkap khatam Al-Quran 30 juz setelah tadarus selama 30 hari.

Melafalkan doa khatam Qur'an 30 juz sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan di dalamnya.

Isi doa khatam Qur'an 30 juz mencerminkan rasa syukur, permohonan ampunan, dan harapan untuk mendapatkan manfaat spiritual dari ayat-ayat suci.

Doa Khatam Quran 30 Juz (1)

Berikut bacaan doa khatam Al Quran lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.

للَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin:

Allhummarhamni bilquran, waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal'alamin.

BERITA TERKAIT

Artinya: "Ya Allah, belas kasihanilah aku karena Al Quran. jadikanlah Al Quran sebagai imamku, petunjuk dan rahmat. Ya Allah, ingatkan aku dengannya bila aku lupa dan ajarilah aku apa yang tidak mengerti dari padanya. Berilah aku bisa membaca waktu malam dan siang. Jadikanlah dia hujjah bagiku wahai Tuhan seru sekalian alam."

Doa Khatam Al Quran 30 Juz (2)

صَدَقَ اللهُ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ وَبَلَّغَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ وَعَلَى مُحَمَّدٍ مِنَّا وَمِنْكُمْ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ وَأَزْكَى التَّحِيَّةِ وَالتَّسْلِيْمِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:

Shadaqallaahul ‘aliyyul ‘adhiimu wa ballagha rasuu luhul habiibul kariimu wa’alaa Muhammadin minnaa wa minkum afdhalush shalaati wa azkat tahiyyati wat tasliimi walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya : “Maha benar Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, dan Rasul-Nya yang tercinta lagi mulia telah menyampaikan, dan atas nabi Muhammad, dari kami dan dari kamu semua, rahmat yang paling utama, kehormatan dan kesejahteraan yang paling suci, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca juga: Doa Ziarah Kubur Saat Lebaran Idul Fitri 2024, Lengkap dengan Tulisan Latin dan Terjemahan

Doa Khatam Al Quran Meminta Rizki Manfaat

اللَّهُمَّ انْفَعْنَا وَارْحَمْنَا وَاسْتُرْنَا وَنَجِّنَا بِحَقِّ الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَيَسِّرْ مَا فِيْهِ يَاكَرِيْمُ وَارْحَمْ مُعَلِّمَنَا وَالْحَاضِرِيْنَ وَارْحَمْ جَمِيْعَ الْمُسْلِمِيْنَ يَاكَرِيْمُ

Latin:

Allaahumman fa’naa warfa’naa wasturnaa wanajjinaa bihaqqil qur-aanil ‘adhiimi wa yassir maa fiihi yaa kariimu warham mu’allimanaa wal haadhiriina warham jamii’al muslimiina yaa kariimu.

Artinya : “Wahai Allah! berilah kami manfaat, rizki kami, tinggikanlah derajat kami, tutuplah keaiban kami, dan selamatkanlah kami berkat Al Qur’an yang agung, dan mudahkanlah apa yang ada di dalamnya. Wahai Dzat yang Maha Mulia, berilah rahmat kepada para guru kami dan semua yang hadir, berilah rahmat kepada semua umat islam.”

Keutamaan Khatam Al Quran 30 Juz

Ada sejumlah keutamaan yang dapat dipegang oleh umat Islam bagi yang ingin mengkhatamkan Al Quran.

Berikut daftar keutamaan khatam Al Quran 30 juz, mengutip laman Kemenag Kepri.

1. Al Quran menjadi syafaat di hari kiamat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas