Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Fashion Trunk Show LAKON Indonesia X DRP JF3 2024: 20 Years Collaboration dan Koleksi Future Loundry

JF3 Fashion Festival 2024 menghadirkan Fashion Trunk Show di Skate Area, DRP Jakarta dan koleksi brand streetwear asal Bali, Future Loundry.

Editor: Brand Creative Writer
zoom-in Fashion Trunk Show LAKON Indonesia X DRP JF3 2024: 20 Years Collaboration dan Koleksi Future Loundry
Istimewa
Fashion Trunk Show (kiri) di Skate Area, DRP Jakarta dan koleksi "Deepscroll Healing" oleh Future Loundry pada malam terakhir JF3 Fashion Festival 2024 pada Minggu (4/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Di hari terakhir penyelenggaraannya, JF3 Fashion Festival 2024 menghadirkan Fashion Trunk Show di Skate Area, DRP Jakarta pada Minggu (4/8/2024).

Bertajuk LAKON Indonesia X DRP, acara ini mempresentasikan koleksi LAKON Indonesia yang berkolaborasi dengan brand sepatu dan streetwear asal Amerika Serikat, VANS.

Koleksi diperagakan oleh belasan model yang terdiri dari atlet Skateboard berprestasi tanah air, serta pemain skateboard dari berbagai komunitas. Atlet skateboard yang memperagakan busana Fashion Trunk Show LAKON Indonesia X DRP antara lain:

  1. Bhima Yudha Zen (Juara 1, PROJAM on the street International Skate Competition 2017)
  2. Firdausy Nuzula (Juara 1, Park Men Open FORNAS 2022-2023) 
  3. Diaz Harahap (Juara 1 PROJAM Festival Surabaya 2016)
  4. Deri Derian (Juara 3, Mens Park Open PorProv 2022)
  5. Mikhayla Shanum Caya (Juara 2 Woman Park Open Fornas 2023)
  6. Farel Aldi Pamungkas (Juara ke-1 Mens Park Open NasChamp 2024)
  7. Firdausy Nuzula Putra Hartanto (1st Mens Park Open Fornas 2022 & 2023)
  8. Rayhan Cindarbumi Tjenreng (2nd Place Beginner at Twilosaurus Skate Art)
  9. Anthony Adam Cahya (TOP 3 Best National Skateboarder 2000-2004)
  10. Marlene Yosephine Tanubrata (2nd Place Women National Park Open Nashchamp)

Bukan sekadar peragaan busana, para talent juga memperlihatkan keahlian mereka dalam bermain skateboard. Acara ini menjadi sebuah perayaan yang menggabungkan gaya dan olahraga, memadukan mode dengan semangat generasi muda dalam olahraga skateboard.

Future Loundry Imajinasikan Bisingnya Kota Denpasar Melalui Koleksi  “Deepscroll Healing” di JF3 2024

Jenama streetwear asal Bali, Future Loundry, lahir dari gerakan subkultur Indonesia yang diiniasi oleh seniman Ican Harem. Ican menamai inisiatif ini dengan nama ‘Harem’, yang berfokus pada DIY fashion dan pembuatan merchandise untuk musisi dan brand, baik lokal maupun luar negeri. Sejak saat itu, ‘Harem’ tumbuh pesat secara organik. Pada tahun 2019, desainer-seniman Manda Pinky bergabung, dan sejak saat itu lah Future Loundry berdiri.

Dengan akar budaya Indonesia yang kuat, mereka menghadirkan pandangan segar tentang budaya dan subkultur Asia Tenggara.

BERITA TERKAIT

Terinspirasi dari kehidupan sehari-hari para pendirinya di Denpasar, mereka memadukan estetika ekstrim dan sentuhan cheesy yang ikonik. Jenama ini melahirkan imajinasi futuristik tentang busana pasca-apokaliptik Indonesia, menawarkan perspektif baru yang memukau dan memikat bagi para skena streetwear tanah air.

Future Loundry kini telah memantapkan dirinya di dalam skena underground secara global. Jenama ini bekerja sama dengan berbagai seniman dan musisi internasional, serta mempertahankan klien seperti Rich Brian, Greentea Peng, Fontaines DC, Ho9909, dan banyak lagi. Saat ini, koleksi Future Loundry tersedia di Tokyo, Amsterdam, Singapura, dan Berlin.

Dalam debutnya di JF3 Fashion Festival, Future Loundry mempresentasikan koleksi bertajuk “DEEPSCROLL HEALING” pada penutupan JF3 Fashion Festival 2024, 4 Agustus 2024 pukul 19:00 di Salsa Fashion Tent, Summarecon Mall Serpong.

Mengadaptasi kultur internet dan teknologi, koleksi ini mengilustrasikan cara manusia modern mengakses informasi secara cepat dan penuh kebisingan, mencerminkan sikap generasi kini yang menunjukkan sifatnya melalui gaya busana yang penuh ironi. Nostalgia era digital, post-internet, dan berbagai subkultur global dihadirkan dengan sentuhan unik dalam 50 busana yang memadukan inovasi dan tradisi.

Tema DEEPSCROLL HEALING menggali hiruk-pikuk budaya internet dan teknologi. Koleksi ini terinspirasi dari kebisingan suburb Denpasar, pasar Kreneng, dan berbagai subkultur global. Future Loundry mengeksplorasi bagaimana generasi sekarang menampilkan nostalgia era digital melalui busana yang menggabungkan elemen ironi dan eksentrik.

Sebagai jenama yang telah mengukir nama di kancah streetwear internasional, sang pendiri Ican Harem melihat JF3 sebagai platform tepat untuk memperkenalkan karya Future Loundry kepada ekosistem mode tanah air.

"Kami ingin mempresentasikan karya-karya kami di tempat dan momentum yang tepat. Melihat sepak terjang JF3 dalam membangun ekosistem fashion di Indonesia, kami percaya JF3 adalah ruang yang ideal.”

Mendukung sustainability dalam proses produksi, Future Loundry menggunakan 70 persen bahan bekas yang diperoleh dari pedagang baju bekas di pasar Kreneng, Denpasar.

Koleksi ini menggabungkan motif sporty dengan tribal, kaos band metal, grafik anime, dan teknik dekonstruksi yang menghasilkan siluet dan fungsi yang baru. Bahan-bahan reject dari produksi massal retail juga diolah kembali menjadi karya busana yang unik dan futuristik.

Dalam pembuatan koleksi ini, Future Loundry melibatkan beberapa figur seperti builder sepeda motor Bingky Bikers, desainer Toton Januar, serta musisi seperti Ramen Girl dan Rendi Denista.

Koleksi ini tersedia untuk dibeli secara online di website www.icanharem.com.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas