Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle
Tujuan Terkait

Peningkatan Kompetensi Perempuan Dibutuhkan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Usai sukses di Jakarta, agenda itu diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia seperti Pekanbaru, Medan, Bandung, Makassar. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Peningkatan Kompetensi Perempuan Dibutuhkan untuk Pembangunan Berkelanjutan
ist
Penyelenggaraan Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peningkatan kompetensi perempuan dibutuhkan untuk pembangunan berkelanjutan. Upaya tersebut untuk memenuhi beberapa indikator yang mesti dicapai, yakni kesetaraan gender, keadilan, dan inklusivitas.

“Kami turut memberikan dukungan penuh terhadap event Renjana Cita Srikandi dalam upaya meningkatkan kompetensi perempuan. Terlebih dalam pembangunan berkelanjutan memiliki beberapa indikator yang harus dicapai seperti kesetaraan gender, keadilan dan inklusivitas, serta hak-hak perempuan lainnya demi memaksimalkan Sumber Daya Manusia. Saya sangat berharap kegiatan ini dapat menggedor potensi masyarakat, khususnya para perempuan Provinsi Riau,” ucap Ketua Tim Penggerak-PKK Riau, Adrias Harianto, dalam keterangannya yang dikutip Selasa (13/8/2024).

Baca juga: Keinginan Jessica Iskandar Terkabul, Hamil Anak Ketiga Berkelamin Perempuan

Hal tersebut diungkap Adrias, terkait penyelenggaraan Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Renjana Cita Srikandi.

Usai sukses di Jakarta, agenda itu diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia seperti Pekanbaru, Medan, Bandung, Makassar. 

Pekanbaru merupakan kota yang terpilih sebagai kota pertama untuk roadshow ini, setelah pelaksanaannya di Jakarta pada bulan Mei 2024 yang lalu mendapatkan sambutan positif dari lebih dari 8.000 pengunjung selama tiga hari.

Dengan mengusung tema “Energizing You, Elevating Each Other”, acara ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan Indonesia dengan meningkatkan kompetensi dan mendorong kolaborasi antar perempuan.

BERITA TERKAIT

Renjana Cita Srikandi mengusung tiga unsur penting: Karsa, Kriya, dan Karya. Karsa berfokus pada perluasan wawasan dan motivasi positif dengan menghadirkan tokoh perempuan inspiratif yang berbagi ilmu dan pengalaman melalui sesi “Gelar Wicara” di setiap waktu pelaksanaannya.

Baca juga: Sebanyak 12 dari 16 atlet Korut adalah perempuan - Korea Utara bertumpu pada kekuatan atlet perempuan di Olimpiade Paris

Kriya, menyediakan program lokakarya untuk pembekalan dan peningkatan talenta bersama komunitas lokal seperti Ges Floral, Kawan Sekarya, Sya Sky Studio, Ngepaint Yuk, dan masih banyak lagi. Dan terakhir, Karya, yang menampilkan pertunjukan seni seperti musik, tari, dan mode, serta pekan raya UMKM.

Dipilihnya Pekanbaru sebagai kota selanjutnya dalam penyelenggaraan acara Renjana Cita Srikandi ini, karena adanya potensi yang besar dan semangat yang tinggi dari banyaknya perempuan berprestasi yang telah berkontribusi signifikan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, seni, dan budaya baik di tingkat provinsi, nasional, regional hingga internasional.

Kegiatan ini juga akan melibatkan partisipasi para talenta dan tokoh perempuan lokal untuk bergabung bersama Renjana Cita Srikandi.

Seperti di antaranya ada pebisnis bernama Tia Juwita, social media influencer Cut Aliza Syakila, yang akan membagikan pengalaman inspiratifnya, juga sederet tokoh perempuan asal Provinsi Riau bertalenta lainnya.

“Keterlibatan perempuan dalam ekonomi sangat penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," kata owner Ratatia Rattan Handmade, Tia Juwita.

"Acara ini patut diapresiasi, apalagi acara ini bisa membuka mata perempuan Riau agar tertarik terjun ke dunia entrepreneur dan ekonomi kreatif,” kata dia lagi

Festival Akbar Pemberdayaan Perempuan Indonesia yang akan berlangsung selama 3 hari di Lapangan Gubernur Riau dan Ballroom Menara BRK Syariah Riau ini akan dihadiri oleh lebih dari 70 perempuan inspiratif, termasuk Prilly Latuconsina, Yura Yunita, Rossa, Agnez Mo, Putri Ariani, Iyeth Bustami, GAC, Marion Jola, Mulan Jameela, Salma Salsabil, Fenita Arie, Tasya Farasya, Raline Shah, Chef Sisca Soewitomo, Chef Marinka, Chef Bu Rudy, Lenggogeni Faruk Halilintar, Ayu Ting Ting, Melody Laksani, Titi Kamal, Ghina Raihanah, Monalisa Sembor, dan banyak lagi. 

Dan pada hari kedua pelaksanaannya, yaitu Sabtu, 24 Agustus 2024, akan juga menjadi malam puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Riau yang akan turut dimeriahkan oleh Rizky Febian, Armada, Kunto Aji dan Mario G Klau.

Baca juga: Jember Fashion Carnaval 2024 Dukung Karya Inspiratif Desainer Lokal

Acara yang akan berlangsung pada 23 sampai 25 Agustus 2024 ini dirancang sebagai sebuah acara yang inklusif, dimana akan tersedia fasilitas untuk penyandang disabilitas seperti juru bicara bahasa isyarat dan juga area ramah disabilitas. 

Dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Riau, semakin memperkuat semangat kami untuk memberdayakan perempuan Indonesia.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas