Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Mengenal Balayage, Teknik Pewarnaan Rambut yang Digandrungi Selebritis Tanah Air

Teknik balayage dilakukan dengan menyapu warna yang sama di sepanjang rambut sehingga warna memudar secara bertahap dari akar ke sepanjang rambut.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Mengenal Balayage, Teknik Pewarnaan Rambut yang Digandrungi Selebritis Tanah Air
Grid.ID
Mewarnai rambut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Balayage,  salah satu teknik pewarnaan rambut saat ini paling diminati perempuan di Indonesia.

Apalagi gaya rambut long hair balayage kini semakin diganderungi bagi yang ingin menunjang penampilannya.




Sejumlah selebritis tanah air pernah memilih menggunakan teknik Balayage untuk pewarnaan rambut seperti Gisella Anastasya alias Gisel, Bunga Citra Lestari, Marion Jola, hingga Cinta Laura.

Saat ini ada alternatif pilihan warna baru untuk rambut, yaitu 'Parisian Brown Balayage' yang menggunakan warna-warna bernuansa cokelat natural (fashion brown) dan menggunakan teknik Balayage, untuk tampilan yang trendy, natural, effortless, dan elegan.

Teknik balayage dilakukan dengan menyapu warna yang sama di sepanjang rambut sehingga warna memudar secara bertahap yakni warna cat rambut diaplikasikan di akar kemudian didistribusikan ke sepanjang rambut dengan gerakan menyapu.

Teknik ini membantu mencapai transisi bertahap dari akar gelap ke ujung yang lebih terang sehingga mampu memberikan tampilan rambut yang perfectly blended, membuat rambut terlihat berkilau.

BERITA TERKAIT

Selain itu memberikan efek berdimensi sehingga membuat tampilan rambut lebih bervolume dan tidak flat dan balayage bisa membuat rambut terlihat berkilau seperti terpapar sinar matahari.

Rambut terlindungi dengan waktu proses pewarnaan rambut yang efisien dan dibandingkan teknik pewarnaan rambut lainnya,  balayage juga membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. 

Colorist ternama, Nancy Braun mengatakan, balayage adalah teknik pewarnaan rambut yang membuat highlight dan lowlight yang terlihat alami awalnya muncul pertama kali muncul di Perancis pada tahun 1960-an dan telah menyebar ke Amerika Serikat.

"Pada masa lalu, hanya selebriti yang dapat mengakses teknik ini karena para pewarna takut untuk mencobanya namun sekarang, program sertifikasi warna telah meluas, sehingga pewarna rambut lokal juga mampu melakukan balayage," kata Braun.

Diingatkan, pentingnya untuk memahami perbedaan antara balayage dengan teknik lain seperti highlight foil, pewarna celup, atau ombre sebelum melakukan perawatan balayage.

Ester Rianda, seorang  yang expert pewarnaan rambut mengatakan, saat ini komunitas salon dan hairdresser Indonesia dimudahkan menghadirkan gaya rambut ini menyusul berbagai inovasi seperti 4D Foilayage yang menghasil pewarnaan rambut ultra-dimensi.

"Proses pewarnaan rambut menggunakan  foil dalam teknik ini mempermudah hairdresser dalam pengaplikasiannya sehingga waktu yang dibutuhkan untuk proses pewarnaan di salon menjadi lebih singkat hanya 3-4 jam," katanya yang ditemui di sela-sela MDAY 2024, event yang diisi dengan berbagai program edukasi untuk mendukung majunya industri tata rambut Indonesia. 

Ditambahkan GM Matrix Indonesia ini, pengaplikasian pewarnaan rambut ini bisa dilakukan 2 jenis yakni smokey foilayage yang terlihat seamless dengan sentuhan warna ash brown dan bronze foilayage yang membuat perempuan tampil edgy dengan sentuhan warna hangat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas