Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Kelompok Tari 'Kembalikan Baliku' dari Jakarta Tampil di New York AS 7 September

Rencananya Kembalikan Baliku membawakan tarian Legong Kraton dalam pertunjukan gelaran New York Indonesia Fashion Week.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willem Jonata
zoom-in Kelompok Tari 'Kembalikan Baliku' dari Jakarta Tampil di New York AS 7 September
Tribunnews.com
Kelompok tari asal Jakarta, Kembalikan Baliku, berencana tampil dalam helatan New York Indonesia Fashion Week di New York, Amerika Serikat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah kelompok tari asal Jakarta, Kembalikan Baliku, akan tampil dalam helatan New York Indonesia Fashion Week di New York, Amerika Serikat.

Kelompok tari yang dominan mengangkat budaya Bali dalam pertunjukannya itu akan tampil pada tanggal 7 September 2024 di 128 East 28th Street, New York.




Dalam pertunjukan perdanananya di Amerika Serikat, rencananya Kembalikan Baliku akan membawakan tarian Legong Kraton dalam pertunjukan gelaran New York Indonesia Fashion Week.

Tarian-tarian tersebut akan dibawakan oleh Syandria Kameron sebagai Condong dan Guwak, Komang Ayu Maharani sebagai Prabu Lasem, dan Ni Nyoman Widia Pertiwi sebagai Putri Rangkesari.

“Walaupun kami semua sudah belajar tarian ini dari awal kami terjun di dunia tari, tetapi agar mendapatkan chemistry-nya pada saat menari atau yang bisa disebut ‘metaksu’ dalam bahasa Bali, kita benar-benar berlatih selama kurang lebih 2 bulan dan hampir setiap hari. Kami juga harus mengembalikan stamina untuk menari, karena tarian ini durasinya panjang dan non-stop, jadi selain berlatih tari juga kita melakukan pilates, gym dan pengulangan tariannya,” ujar Syandria Kameron, ditulis Sabtu (31/8/2024).

Dia menceritakan persiapan timnya sudah berlatih selama dua bulan sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat ini.

BERITA TERKAIT

Mereka menganggap pertunjukan di Amerika Serikat adalah pencapaian tersendiri bagi Kembalikan Baliku karena selain bisa menampilkan kesenian tradisional Bali di Amerika, momen ini bisa menjadi momen retrospektif bagi penari Bali generasi sekarang.

“Pada tahun 1956, ada penari Bali dari Desa Peliatan yang dipimpin oleh Gung Kak Mandera, mereka tampil di Ed Sullivan Show membawakan tarian Legong Lasem juga dan itu sangat di apresiasi sekali oleh warga Amerika dan acara Ed Sullivan Show adalah salah satu tayangan yang bergengsi pada masanya, salah satunya The Beatles pernah tampil juga di sana. Maka dari itu Kembalikan Baliku ingin menunjukkan bahwa tarian Indonesia bisa dan layak untuk ditarikan di negara asing dan patut diapresiasi juga,” kata Syandria.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas