Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gerindra Tunjuk Riza Patria Jadi Koordinator Sekber Relawan Prabowo, Pengamat: Langkah Tepat

Pengamat menilai penunjukkan Ahmad Riza Patria sebagai Koordinator Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Prabowo Presiden adalah langkah tepat.

Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Gerindra Tunjuk Riza Patria Jadi Koordinator Sekber Relawan Prabowo, Pengamat: Langkah Tepat
IG @arizapatria
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang kini ditunjuk sebagai Koordinator Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Prabowo pada Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat politik sekaligus peneliti Indikator Politik Indonesia,
Bawono Kumoro memberikan komentarnya terkait penunjukkan Ahmad Riza Patria sebagai Koordinator Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Prabowo.

Bawono menilai, pemilihan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta merupakan langkah tepat yang diambil oleh Partai Gerindra untuk membantu pemenangan Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ia kemudian membeberkan sejumlah alasan kenapa Ariza - sapaan akrab Ahmad Riza Patria - cocok mengemban tugas ini.

"Selain merupakan kader berpengalaman baik karena pernah menduduki jabatan di pemerintahan provinsi DKI Jakarta Riza Patria juga merupakan kader setia dan juga taat terhadap keputusan partai.

Hal itu antara lain ditunjukkan oleh Riza Patria usai purna tugas dari jabatan wakil gubernur DKI Jakarta beberapa hari lalu," ucap Bawono kepada Tribunnews.com, Sabtu (22/10/2022).

Bawono juga menyebut, kembalinya Ariza ke partai berlambang kepala Burung Garuda itu juga sebagai bentuk ketaatan dengan partai yang selama ini menaunginya.

Baca juga: Survei LSI: Mayoritas Warga Jakarta Nilai Positif Kinerja Pemerintah DKI di Bawah Anies-Riza Patria

Ariza memilih fokus ke partai setelah menuntaskan tugasnya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anies Baswean.

BERITA TERKAIT

"Kedekatan Riza Patria dengan Anies Baswedan selama bertugas bersama selama ini di Balai Kota tidak lantas membuat Riza Patria bersikap seperti kacang lupa kulit," tambah Bawono.

Bawono kemudian membandingkan sikap politik antara Ariza dengan kader Partai Gerindra lain Sandiaga Salahuddin Uno.

Ia menilai, apa yang dilakukan Sandiaga Uno tidak mencerminkan ketaatan dan kepatuhan kader kepada partainya.

"Hal ini tergampar saat Sandiaga Uno dalam sebuah kesempatan di acara Partai Persatuan Pembangunan bulan lalu mengatakan siap maju dalam kontestasi politik pemilihan presiden 2024," tegas Bawono.

Pengamat politik sekaligus peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai penunjukan Riza Patria sebagai Koordinator Sekber Relawan Prabowo Presiden 2024 adalah langkah yang tepat.
Pengamat politik sekaligus peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menilai penunjukan Riza Patria sebagai Koordinator Sekber Relawan Prabowo Presiden 2024 adalah langkah yang tepat. (Tribunnews.com/Istimewa)

Baca juga: Lengser dari Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria Fokus Wujudukan Cita-cita Gerindra

Senada dengan Bawono, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga menyebut, pemilikan Ariza sebagai Koordinator Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Prabowo Presiden tidak lepas dari catatan selama menjawab sebagai Wagub DKI Jakarta.

Di sisi lain, Sufmi memandang Ariza bisa menjadi pengayom yang baik.

“Dengan pengalaman yang dimiliki mampu mengelola relawan-relawan sehingga menjadi satu visi untuk kebaikan bangsa Indonesia,” ucapnya, dikutip dari Kompas.com.

Sufmi menambahkan, sementara tugas Ariza di posisi ini untuk menjadi mesin pemenangan Prabowo dalam Pemilihan Presiden 2024.

(Tribunnews.com/Endra Kurniawan)(Kompas.com/Tatang Guritno)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas