Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bela Anies Baswedan, Demokrat Ingatkan Bawaslu Jaga Integritas dan Tak Giring Opini

Bela Anies baswedan, Partai Demokrat mengingatkan Bawaslu RI agar menjaga integritas dan tak memberikan pernyataan yang berbau opini.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bela Anies Baswedan, Demokrat Ingatkan Bawaslu Jaga Integritas dan Tak Giring Opini
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Anies Baswedan di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022). Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani membela Anies Baswedan sikapi pernyataan Bawaslu terkait safari politik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat mengingatkan Bawaslu RI agar menjaga integritas dan tak memberikan pernyataan yang berbau opini.

Hal itu merespons pernyataan Anggota Bawaslu RI Puadi yang menganggap safari politik Anies Baswedan kurang etis dan terkesan curi start kampanye.

"Ada baiknya untuk menjaga integritas dan imparsialitas, tak memberikan pernyataan yang berbau opini atau menggiring opini," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Kamhar pun menyinggung Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang dinilainya terlalu singkat tak sebanding luasnya wilayah di Indonesia.

"Lagi pula tenggang waktu kampanye yang diatur di PKPU sangat singkat sementara wilayah NKRI begitu besar dan luas," ujarnya.

Karenanya, ia menegaskan mestinya figur-figur yang menjadi kontestan Pemilu 2024 baik calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) melakukan konsolidasi lebih awal.

Baca juga: Bawaslu Nilai Safari Politik Anies Baswedan Curi Start Kampanye, NasDem: Kick Off Saja Belum

BERITA REKOMENDASI

"Agar rakyat juga memiliki informasi yang memadai tentang konsep dan gagasan para capres," ucapnya.

Menurut Kamhar, hal tersebut guna agar pemilih tak memilih calon pemimpinnya bagaikan membeli kucing dalam karung.

"Tak lagi salah pilih atau beli kucing dalam karung yang hanya memilih calon pemimpin hasil pencitraan," imbuhnya.

Kendati demikian, Kamhar menghormati keputusan Bawaslu yang menolak laporan terkait dugaan penyalahgunaan tempat ibadah oleh Anies.

Baca juga: Bawaslu: Safari Politik Anies Baswedan Kurang Etis dan Terkesan Curi Start Kampanye

"Kami menghormati kerja profesional Bawaslu dalam merespon laporan ini yang memutuskan menolak laporan tersebut karena tak memenuhi syarat materil," tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Bawaslu RI Puadi memberi sejumlah catatan terkait kegiatan safari politik yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Eks Gubernur DKI Jakarta sekaligus capres Partai NasDem, Anies Baswedan saat sampai di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh pada Jumat (2/12/2022) dan disambut ribuan masyarakat dan relawan dari penjuru Aceh. Pada kunjungannya kali ini, Anies melanjutkan safari politiknya dan direncanakan akan digelar di Lapangan Sepakbola Pango Raya pada Sabtu (3/12/2022).
Eks Gubernur DKI Jakarta sekaligus capres Partai NasDem, Anies Baswedan saat sampai di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh pada Jumat (2/12/2022) dan disambut ribuan masyarakat dan relawan dari penjuru Aceh. Pada kunjungannya kali ini, Anies melanjutkan safari politiknya dan direncanakan akan digelar di Lapangan Sepakbola Pango Raya pada Sabtu (3/12/2022). (YouTube Serambinews.com)

“Ditinjau dari sisi etika politik, kegiatan safari politik yang dilakukan Anies Baswedan dapat dipandang sebagai tindakan yang kurang etis,” kata Puadi dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis sore.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas