Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu Rangkul PGI untuk Ciptakan Pemilu 2024 Damai

Bawaslu berharap PGI dapat menjadi wadah dan rujukan dalam menyampaikan sosialisasi pemilu khususnya kepada para pendeta dan tokoh umat Kristiani.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Bawaslu Rangkul PGI untuk Ciptakan Pemilu 2024 Damai
Mario Christian Sumampow
Anggota Bawaslu Herwyn Malonda. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berharap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) turut serta melakukan sosialisasi pemilu bersama dalam hal gerakan pencegahan pelanggaran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berharap Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) turut serta melakukan sosialisasi pemilu bersama dalam hal gerakan pencegahan pelanggaran.

Dalam kunjungannya ke Kantor PGI, Jakarta, Anggota Bawaslu RI Herwyn Malonda mengajak PGI untuk bekerja sama dalam melakukan sosialisasi tersebut.

Ia juga berharap besar PGI dapat menjadi wadah dan rujukan dalam menyampaikan sosialisasi pemilu khususnya kepada para pendeta dan tokoh umat Kristiani.

Baca juga: Setahun Jelang Pemilu 2024, Tokoh Pemuda Buat Wadah untuk Dengar dan Kritisi Gagasan Calon Pemimpin

“Saya pikir PGI yang mewadahi wadah berhimpun gereja-gereja di Indonesia, bisa dijadikan rujukan bersama untuk menyampaikan kepada para pendeta atau tokoh umat Kristiani tentang materi-materi damai, berintegritas, jujur, adil, dan bermartabat pada pemilu serentak tahun 2024,” kata Herwyn dalam keterangannya, Kamis (16/2/2023).  

Selain itu, mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini juga mengajak PGI untuk melakukan sosialisasi dalam kegiatan forum warga.

Sosialisasi ini sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat menciptakan gerakan pencegahan untuk setiap pelanggaran pemilu. 

BERITA TERKAIT

“Serta melakukan penguatan kerja sama dengan PGI untuk membangun literasi digital pencegahan dan pengawasan pemilu serentak tahun 2024,” tegas Herwyn. 

Lebih lanjut, dalam kunjungannya yang disambut langsung oleh Ketua Umum PGI Gumar Gultom, Herwyn juga berharap PGI dapat turut menangkal politisasi identitas, sara, dan hoaks bersama-sama dengan kelompok agama lainnya.

Baca juga: Temukan Banyak Masalah Saat Awasi Coklit, Bawaslu Minta KPU Serius Bimtek Pantarlih

Sementara itu, Gumar menyambut baik ajakan Bawaslu dalam memaknai Pemilu 2024 ini dan mengaku siap untuk bekerja sama ke depannya dalam hal menjaga proses pemilu tetap berjalan aman dan lancar.

“Pada dasarnya PGI siap bekerja sama dengan Bawaslu. Karena itu, ajakan kerja sama untuk Pemilu 2024 yang lebih baik kami sambut dengan gembira," kata Gomar dalam sambutannya.

"Kami menganggap ini juga sangat penting. Sebab suksesnya pemilu adalah juga tanggung jawab warga gereja. Ada beberapa juga kegiatan terkait pemilu yang akan dilaksanakan PGI tahun ini," tambahnya. 

Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

Putaran Pertama, Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas