Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ragam Komentar soal Isu Sistem Proporsional Tertutup Pemilu 2024 yang Dilontarkan Denny Indrayana

Isu sistem proporsional tertutup yang dilontarkan Denny Indrayana memunculkan beragam reaksi dari beberapa tokoh dari Mahfud MD hingga SBY.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Ragam Komentar soal Isu Sistem Proporsional Tertutup Pemilu 2024 yang Dilontarkan Denny Indrayana
Tribunnews.com
Ilustrasi. Isu sistem proporsional tertutup yang dilontarkan Denny Indrayana memunculkan beragam reaksi dari beberapa tokoh dari Mahfud MD hingga SBY. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Denny Indrayana menyebut memperoleh informasi Pemilu 2024 akan digelar dengan sistem proporsional tertutup.

Denny menyebut Pemilu sistem proporsional tertutup sudah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan mayoritas hakim menyatakan setuju.

"Pagi ini (Minggu) saya mendapatkan informasi penting. MK akan memutuskan pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja. Info tersebut menyatakan komposisi putusan 6 berbanding 3 dissenting," katanya dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, @dennyindrayana, Minggu (28/5/2023).

Dirinya juga mengatakan informasi tersebut berasal dari seseorang yang dapat dipercaya kredibilitasnya.

"Siapa sumbernya? Orang yang sangat saya percaya kredibilitasnya, yang pasti bukan Hakim Konstitusi. Maka, kita kembali ke sistem pemilu Orba: otoritarian dan koruptif," ujarnya.

Pernyataan Denny ini pun menimbulkan beragam komentar dari tokoh nasional hingga ketua partai politik.

Baca juga: Respons SBY Soal Bocoran MK Bakal Putus Pemilu Proporsional Tertutup hingga MA Kabulkan PK Moeldoko

Bahkan, Menko Polhukam, Mahfud MD pun turut mengomentari pernyataan Denny tersebut dan meminta adanya pengusutan lantaran jika informasi itu benar, maka hal tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh dibocorkan sebelum hakim MK yang mengumumkan.

BERITA TERKAIT

Lalu, bagaimanakah tanggapan para tokoh terkait pernyataan Denny Indrayana tersebut?

Mahfud MD Minta Polisi Selidiki

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta pada Kamis (27/4/2023).
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta pada Kamis (27/4/2023). (Tribunnews.com/Gita Irawan)

Mahfud MD meminta agar Polri mengusut terkait informasi dari Denny yang menyebut Pemilu 2024 akan menggunakan sistem proporsional tertutup.

Dia menilai apa yang dilakukan oleh Denny dikategorikan pembocoran rahasia negara kendati belum tentu kebenarannya.

"Terlepas dari apa pun, putusan MK tak blh dibocorkan sblm dibacakan. Info dari Denny ini jd preseden buruk, bs dikategorikan pembocoran rahasia negara. Polisi hrs selidiki info A1 yg katanya menjadi sumber Denny agar tak jd spekulasi yg mengandung fitnah," katanya mengutip cuitan dari akun Twitter, @mohmahfudmd pada Senin (29/5/2023).

Secara umum, Mahfud menjelaskan putusan MK bersifat rahasia sebelum dibacakan tetapi harus terbuka luas setelah diputuskan dalam sidang resmi.

Selain itu, dia juga meminta agar MK turut menyelidiki sumber yang disebut Denny memberikan informasi tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas