Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Setuju Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024: Presiden Ingin Jamin Demokrasi Berjalan Baik

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menilai Presiden Jokowi memang sudah seharusnya ikut campur atau cawe-cawe dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PDIP Setuju Jokowi Cawe-cawe di Pilpres 2024: Presiden Ingin Jamin Demokrasi Berjalan Baik
tribunnews.com/ Abdi Ryanda Shakti
Ketua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga. Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sudah seharusnya ikut campur atau cawe-cawe dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sudah seharusnya ikut campur atau cawe-cawe dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya ada tiga alasan Presiden Jokowi ikut cawe-cawe dalam pilpres 2024.

Pertama, menurut Eriko, Jokowi ingin memastikan proses pemilu berjalan dengan baik. 

"Sehingga masyarakat tidak ada merasa terintimidasi, tidak ada merasa apa kalau kita mau meminjam istilah dulu pemilu itu kan harus luber, langsung, umum bebas dan rahasia," kata Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Kedua, kata Eriko, Jokowi ingin menjamin bahwa proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik.

"Kepada siapapun penerusnya nanti berjalan dengan baik," ujar Eriko.

Ketiga, Presiden Jokowi menginginkan presiden yang terpilih nanti benar-benar sesuai keinginan rakyat dan melalui proses demokrasi yang baik.

BERITA REKOMENDASI

"Bahwa presiden nanti yang terpilih atau partai atau caleg yang terpilih itu benar-benar kehendak rakyat, beliau ingin menjamin itu," ujarnya.

"Kami menilai tiga hal itulah yang sebenarnya disampaikan beliau secara terperinci, kemarin dengan pertemuan dengan para penggiat sosial media untuk menjamin bahwa terjadinya pelaksanaan demokrasi ini berjalan dengan baik, seturut dengan aturannya, seperti itu," tandasnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan para pimpinan media nasional, Jokowi menyinggung soal cawe-cawe dirinya pada Pilpres 2024.

Kepada mereka, Jokowi mengatakan ia harus cawe-cawe di Pilpres 2024, untuk kepentingan negara.

"Ya cuma cawe-cawe sih. Ada lebih dari 7 kali pak presiden mengatakan cawe cawe,” kata GM News and Current Affairs Kompas TV Yogi Nugraha, usai pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (29/5/2023).

Baca juga: Presiden Jokowi Mengakui Cawe-cawe di Pilpres 2024

Yogi mengatakan dalam pertemuan tersebut Jokowi menekankan ikut cawe-cawe karena menyangkut kepentingan nasional.

Awalnya, Jokowi membicarakan soal momentun penting dalam 13 tahun ke depan. Negara-negara yang memiliki momentum 13 tahun tersebut yang akan naik atau tumbuh.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas