Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP: Finalisasi Visi-misi dan Program Ganjar Bakal Libatkan Parpol Peserta Kerjasama Politik

Basarah mengatakan bahwa penyusunan visi-misi dan program capres-cawapres bakal dimatangkan secara kelembagaan lewat forum Rakernas III PDIP.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PDIP: Finalisasi Visi-misi dan Program Ganjar Bakal Libatkan Parpol Peserta Kerjasama Politik
Fersianus Waku
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah. Basarah mengatakan bahwa penyusunan visi-misi dan program capres-cawapres bakal dimatangkan secara kelembagaan lewat forum Rakernas III PDIP. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menjelaskan bahwa visi-misi dan program dari bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) 2024 telah dipersiapkan sejak 2 tahun lalu di dalam forum partai.

Bahkan, Basarah menyebut, penyusunan visi-misi dan program capres-cawapres telah disusun jauh hari sebelum pengumunan bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo diumumkan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada 21 April, lalu.

Karena, Basarah berpandangan bahwa visi-misi dan program capres-cawapres mengangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apalagi, visi-misi dan program itu kemudian bakal ditetapkan menjadi rencana pembanguan menengah selama 5 tahun ke depan.

Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP - PDI Perjuangan) Ahmad Basarah memberikan keterangan pers terkait tim koordinasi relawan pemenangan Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat (12/5/2023). Dalam keterangan pers tersebut, Ketua TKRPP - PDI Perjuangan mengatakan telah menyiapkan kantor Sekretariat Pusat untuk relawan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo di Jalan Diponegoro nomor 72, Jakarta Pusat yang rencananya akan diresmikan pada 1 Juni 2023 serta telah memverifikasi dan akan memanggil 457 organisasi relawan pendukung dari seluruh Indonesia. Warta Kota/YULIANTO
Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP - PDI Perjuangan) Ahmad Basarah memberikan keterangan pers terkait tim koordinasi relawan pemenangan Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat (12/5/2023). Dalam keterangan pers tersebut, Ketua TKRPP - PDI Perjuangan mengatakan telah menyiapkan kantor Sekretariat Pusat untuk relawan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo di Jalan Diponegoro nomor 72, Jakarta Pusat yang rencananya akan diresmikan pada 1 Juni 2023 serta telah memverifikasi dan akan memanggil 457 organisasi relawan pendukung dari seluruh Indonesia. Warta Kota/YULIANTO (WARTA KOTA/YULIANTO)

Hal itu disampaikan Ahmad Basarah saat ditanya soal visi-misi dan program bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo bakal dibahas dalam Rakernas III.

"Karena ini menyangkut hal yang sangat penting, dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara kita maka jauh-jauh hari PDIP telah mempersiapkan visi-misi dan program bacapres yang akan diusungnya. Jauh sebelum Pak Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai capres oleh Ibu Ketum Megawati pada 21 April lalu," kata Basarah dalam konferensi pers di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

"Karena ini kami memandang bahwa karena visi-misi dan program ini akan menjadi bagian penting dari roadmaps pembangunan bangsa Indonesia 5 tahun ke depan, maka visi misi program itu telah disusun jauh-jauh hari," sambung Basarah.

BERITA TERKAIT

Ahmad Basarah turut didampingi Wakil Sekjan PDIP Arif Wibowo dan Politisi PDIP Said Abdullah saat konferensi pers berlangsung.

Selain itu, Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, bahwa bidang yang secara khusus menggap penyusunan draf penyusunan visi-misi dan program ini ada Balitbangpus DPP PDIP dan Megawati Institute.

Pihaknya juga menyebut, turut melibatkan para pakar hingga para ahli

"kira-kira sudah hampir 2 tahun ini berjalan digodok," terang Basarah.

Baca juga: PAN Dinilai Berpotensi Raih Dampak Elektoral Jika Sukses Jodohkan Ganjar dan Erick Thohir

Lebih lanjut, Basarah mengatakan bahwa penyusunan visi-misi dan program capres-cawapres bakal dimatangkan secara kelembagaan lewat forum Rakernas III PDIP.

Setelah dimatangkan di forum Rakernas partai, Basarah menyebut visi-misi dan program ini akan dibicarakan lebih detail bersama dengan partai-partai peserta kerjasama politik lainnya.

Basarah pun mengisyarakatkan bahwa visi-misi dan program belum bisa di finalisasi secara menyeluruh, karena partai yang menjalin kerjasama politik dengan PDIP belum definitif.

Sehingga, akan ada pembahasan lebih detail bersama partai peserta kerjasama politik untuk memfinalisasi visi-misi dan program capres-cawapres.

"Karena partai-partai peserta politik masih belum definitif, kemarin kita dapat kunjungan silahturahmi dengan PAN dan akan pembicaan berikutnya mungkin 1 atau 2 hari kedepan akan ada partai politik lain," ujar Basarah.

"Nanti pada saat yang dianggap sudah pas untuk memutuskan bahwa parpol peserta kerjasama pendukung Pak Ganjar Pranowo itu definitif, barulah visi misi dan programnya akan dibicarakan (untuk difinalisasi,red) bersama-bersama," jelas Basarah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas