Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Baswedan Akhirnya Resmi Tunjuk Cawapres Pilihannya, Tinggal Tunggu Momentum Deklarasi

Tunggu sepulangnya Anies Baswedan dari ibadah haji, siapa tahu jadi momentum terbaik deklarasikan pasangan capres-cawapres koalisi perubahan.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Anies Baswedan Akhirnya Resmi Tunjuk Cawapres Pilihannya, Tinggal Tunggu Momentum Deklarasi
WARTA KOTA/YULIANTO
Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan (tengah), Ketua DPP NasDem, Sugeng Suparwoto (kiri), dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Sohibul Iman (kanan) memberikan keterangan pers terkait ekskalasi dinamika politik menuju Pemilu 2024, di Sekretariat Perubahan di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023). Anies Baswedan menyatakan, jajaran elit Koalisi Perubahan tetap optimis dan solid dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Tunggu sepulangnya Anies Baswedan dari ibadah haji, siapa tahu jadi momentum terbaik deklarasikan pasangan capres-cawapres koalisi perubahan. WARTA KOTA/YULIANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden dari koalisi perubahan, Anies Baswedan akhirnya sudah menunjuk bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang menjadi pilihannya di Pilpres 2024.

Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan dari Nasdem, Sugeng Suparwoto mengatakan bacawapres yang dipilih Anies berdasarkan hasil rekomendasi dari koalisi perubahan dan masukan masyarakat.

"Soal pembahasan cawapres sudah dapat dikatakan selesai. Nama-nama yang diusulkan oleh partai koalisi dan masukan masyarakat telah selesai kami kaji secara mendalam. Satu nama sudah di kantong Bacapres Anies," kata Sugeng kepada wartawan, Rabu (21/6/2023).

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto saat ditemui awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023).
Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto saat ditemui awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023). (Rizki Sandi Saputra)

Menurut Sugeng, Anies juga telah bertemu dan rapat dengan ketiga parpol pengusungnya di Sekretariat KPP, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (20/3/2023) kemarin.

Dalam pertemuan itu, Anies dan tim 8 tidak lagi membahas soal bacawapres yang akan menjadi pendampingnya.

Namun, sudah melangkah lebih maju ke tahapan implementasi strategi pemenangan dan taktis pelaksanaan.

Karena itu, Ia menyampaikan pengumumkan cawapres hanya tinggal menunggu momentum yang terbaik saja.

BERITA REKOMENDASI

"Mari kita tunggu siapa tahu sekembali Pak Anies dari ibadah haji akan ditentukan momentum terbaik untuk mendeklarasikan Pasangan Capres-Cawapres Koalisi Perubahan,” ungkapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Denny Indrayana Dapat Info Anies Baswedan Segera Jadi Tersangka KPK

Sudirman Said, anggota Tim 8 yang mewakili Anies Baswedan menjelaskan bahwa Anies menugaskan agar tim 8 mulai mempersiapkan langkah kongkrit ke depan dalam pertemuan tersebut.

“Pak Anies meminta agar Tim 8 mulai terus bergerak maju memikirkan hal-hal teknis. termasuk melengkapi Struktur Tim Pemenangan Nasional, kegiatan bersama tiga Partai koalisi dan opsi waktu deklarasi pasangan capres dan cawapres,” jelas Sudirman.

Sementara itu, Teuku Riefky Harsya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat yang juga anggota Tim 8 menyatakan bahwa Partai Demokrat siap untuk berkolaborasi dengan seluruh anggota koalisi dan relawan Anies Baswedan.  

“Struktur dan Kader Partai Demokrat telah merapatkan barisan bersiap untuk turun bersama dengan para kader Partai Koalisi, dan Relawan Pro Perubahan di seluruh Indonesia. Konsolidasi awal diperlukan untuk persiapan Kegiatan Pemenangan dan Antisipasi Kecurangan.” tegas  Teuku Riefky.

Baca juga: Denny Indrayana Duga Ada Upaya jadikan Anies Tersangka di KPK untuk Jegal Langkah sebagai Capres

Di sisi lain, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman menyampaikan bahwa arahan yang dipimpin langsung Anies Baswedan merupakan bentuk kepastian bahwa KPP terus melaju. 

“Pembahasan rapat ini menandakan tahapan kerja politik Koalisi Perubahan berjalan secara konstruktif dan progresif. Bismillah, Kami siap berlayar menuju kemenangan Pilpres 2024.” tutup anggota Tim 8 perwakilan dari PKS ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas