Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AHY Analogikan Manuver Anies dan NasDem dengan Perang: Semuanya Bukan tentang Killed or To Be Killed

AHY menganalogikan manuver Anies dan NasDem dengan perang. Ia menyebut semua yang dilakukan tidak tentang menang atau kalah saja.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in AHY Analogikan Manuver Anies dan NasDem dengan Perang: Semuanya Bukan tentang Killed or To Be Killed
YouTube Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato menanggapi polemik Anies Baswedan berduet dengan Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta pada Senin (4/9/2023). AHY menganalogikan manuver Anies dan NasDem dengan perang. Ia menyebut semua yang dilakukan tidak tentang menang atau kalah saja. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menganalogikan manuver Anies dan NasDem dengan menggaet Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin seperti perang.

Awalnya, AHY mengungkapkan saat masih aktif sebagai prajurit TNI, dirinya mengatakan diajarkan untuk memegang teguh nilai dan etika keperwiraan.

"Hal ini adalah modal utama bagi seorang prajurit dalam mengemban tugas apapun," katanya dalam pidato di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (4/9/2023) dikutip dari YouTube Partai Demokrat.

AHY juga mengatakan, bahwa etika turut diterapkan saat dirinya ditugaskan untuk berperang.

"Sehingga perang bukan hanya tentang killed or to be killed. Bukan hanya seolah tentang menang atau kalah tetapi juga cara untuk bisa memenangkan peperangan tersebut," katanya.

Baca juga: Siang Ini, AHY akan Sampaikan Sikap Politik Demokrat usai Keluar dari Koalisi Perubahan

Anies menilai, apa yang dipelajari dan diterapkannya saat masih aktif sebagai prajurit TNI dapat dilakukan pula dalam berpolitik khususnya soal etika.

"Tentunya kita mendambakan praktik-praktik yang baik. Kita juga tidak ingin seolah semuanya bisa asal tidak boleh kalah," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

AHY pun berharap ketika Demokrat, NasDem, dan PKS tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), maka etika berpolitik diterapkan terhadap tiap anggota.

Namun, sambungnya, hal tersebut tidak dapat diwujudkan.

"Komitmen menjadi barang yang langka. Kata maaf dijadikan obat yang murah untuk pengingkaran atas sebuah komitmen," katanya.

"Jika dibiarkan bisa menjadi budaya, sebuah pembenaran dan lambat laun bisa membentuk karakter bangsa yang tidak bertanggung jawab," sambung AHY.

Sebelumnya, kabar Anies berduet dengan Cak Imin pertama kali disampaikan oleh Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, lewat rilis pers pada Kamis (31/8/2023).

Dalam rilis pers setebal tiga halaman itu, salah satu poinnya menyebut Sudirman Said-lah yang menyampaikan kepada Demokrat bahwa Cak Imin dipilih menjadi cawapres Anies.

"Sehari kemudian, 30 Agustus 2023, Capres Anies dalam urusan yang sangat penting ini, tidak menyampaikan secara langsung kepada pimpinan tertinggi PKS dan Partai Demokrat, melainkan terlebih dahulu mengutus Sudirman Said untuk menyampaikannya," kata Riefky.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas