Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lakukan Perjalanan Tour de Wali Songo, Cak Imin Singgung Gus Dur jadi Wali Paling Kontekstual

Mengawali Tour de Wali Songo, Cak Imin sebut Gus Dur InsyaAllah jadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Lakukan Perjalanan Tour de Wali Songo, Cak Imin Singgung Gus Dur jadi Wali Paling Kontekstual
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat memberikan sambutan sebelum perjalanan Tour de Wali Songo, di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (8/9/2023). [Rizki Sandi Saputra] 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melakukan perjalanan ke makam para wali dalam tajuk Tour de Wali Songo, pada Jumat (8/9/2023).

Sebelum melakukan perjalanan, Wakil Ketua DPR RI itu berharap, dengan kegiatan ziarah makam ini, dirinya bisa menjadi pewaris perjuangan para wali itu.

Termasuk dirinya menyinggung nama Abdurahman Wahid alias Gus Dur sebagai wali, karena selama hidupnya diabdikan untuk bangsa.

"Di sisi lain (kita) harus terus menjadi pewaris perjuangan mereka, dan wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur InsyaAllah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya amin," kata Cak Imin saat memberikan sambutan sebelum perjalanan, di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Baca juga: Cak Imin Bakal Tour The Wali Songo: Ziarah ke Makam Para Sunan hingga Ketemu Para Kiai

Dalam kesempatan itu, bakal cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan tersebut berpesan kepada para kader PKB untuk bisa mengunjungi seluruh makam dari para wali.

Dirinya berharap, sepulang dari ziarah dan tirakat serta silaturahmi dengan para wali nantinya, dapat memberikan andil perubahan untuk Indonesia yang lebih baik 

"Saya instuksikan pengurus dan pejuang kader PKB kunjungi wali wali di mana pun berada wali itu, minta restu dan minta doa agar perjuangan PKB lancar sukses bermanfaat merubah Indonesia lebih baik amin," pungkas Cak Imin.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin secara resmi memulai perjalanan tour de Wali Songo, pada Jumat (8/9/2023) pagi.

Dalam agenda perjalanan ini, Cak Imin bersama para rombongan dan kader PKB akan melakukan ziarah ke seluruh makam para wali di seluruh pulau Jawa.

"Hari ini kita mulai perjalanan tour de wali ke wali 9 di Jawa. Tapi sebetulnya sekaligus kepada wali-wali di seluruh nusantara, di mana ulama, raja, menyatu di dalam satu perjuangan menjadikan Indonesia ini lahir dan menjadi nusantara yang luas seperti ini," kata Cak Imin saat jumpa pers di Kantor DPP PKB sebelum perjalanan, Jumat (8/9/2023).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat melepas rombongan melakukan Tour de Wali Songo di Kantor PKB, Jakarta, Jumat (8/9/2023).
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat melepas rombongan melakukan Tour de Wali Songo di Kantor PKB, Jakarta, Jumat (8/9/2023). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Lebih lanjut, Cak Imin berharap, dengan perjalanan spiritual ini, dirinya bisa meneladani kepemimpinan para wali yang telah mengembangkan Islam di Pulau Jawa 

"Dan akhirnya Islam berkembang tanpa peperangan tanpa benturan. Memang ada tahapan-tahapan asimilasi yang kuat. Inilah yang menjadi spirit kita Tour de Wali Songo," kata dia.

Semangat tersebut yang menurut Cak Imin perlu dibawa dan diteruskan oleh seluruh masyarakat.

Sebab, dalam semangatnya itu para wali kata bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan tersebut, telah menyatukan seluruh umat di Indonesia.

Dalam artian lain, kesembilan wali tersebut tidak membeda-bedakan termasuk soal latar belakang agama.

"Spirit untuk menyatukan Indonesia. Tidak membedakan antar agama, spirit dan keyakinan tetapi wali-wali ini mengasimilasi semua keyakinan dalam satu persatuan dan kesatuan bangsa, itulah spiritnya," tukas Cak Imin.

Dalam agenda yang diterima Tribunnews, nantinya Cak Imin akan ziarah ke beberapa makam Wali Songo.

Beberapa makam di antaranya yakni makam Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Ampel, Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Raden Patah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas