Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Partai Buruh Belum Tentukan Dukungan, tapi Pastikan Sumbang 10 Juta Suara bagi Capres yang Dipilih

Partai Buruh diketahui belum mendeklarasikan dukungan mereka kepada bacapres untuk Pilpres 2024, tapi pastikan sumbang hingga 10 juta suara.

Penulis: Rifqah
Editor: Nuryanti
zoom-in Partai Buruh Belum Tentukan Dukungan, tapi Pastikan Sumbang 10 Juta Suara bagi Capres yang Dipilih
Tangkapan Layar YouTube Kompas TV
Said Iqbal - Partai Buruh diketahui belum mendeklarasikan dukungan mereka kepada bacapres untuk Pilpres 2024, tapi pastikan sumbang hingga 10 juta suara. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Buruh belum mendeklarasikan dukungan mereka kepada bakal calon presiden (bacapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

Alasannya karena Partai Buruh masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitus (MK) terkait capres dan cawapres.

Namun, Partai Buruh memastikan nama bacapres Anies Baswedan tereliminasi.

Alasan Partai Buruh mengeliminasi Anies Baswedan karena Sudirman Said dianggap mengobok-obok KSPI dan menilai Anies tidak amanah.

"Belum jadi presiden aja sudah tidak amanah, kawan seiring dan sejalan dari berita-berita yang kami dapat ditusuk dari belakang, apalagi rakyat. Itu belum jadi presiden, apalagi jadi presiden. Anies Baswedan ini karyawan partai," ungkap Ketua Umum Partai Butuh sekaligus Presiden KSPI, Said Iqbal, dikutip dari YouTube Kompas TV, Rabu (13/9/2023).

Said Iqbal mengungkapkan, pilihan Partai Buruh ada enam calon, mulai dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto hingga Rocky Gerung.

"Ganjar Pranowo didukung 12 provinsi, Prabowo Subianto didukung oleh 12 provinsi, Said Iqbal didikung 8 provinsi, Najwa Shihab 2 provinsi, Rizal Ramli 2 provinsi, Rocky Gerung 2 provinsi," jelasnya.

Baca juga: BREAKING NEWS Partai Buruh Belum Deklarasi Dukungan Capres 2024, Pastikan Nama Anies Tereliminasi

BERITA REKOMENDASI

Sedangkan, untuk nama calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Buruh, disebutkan Said Iqbal tidak banyak berubah.

"Arsjad Rasyid didukung 14 provinsi, Said Iqbal 7 provinsi, Mahfud MD 7 provinsi, Najwa Shihab 4 provinsi, Basuki Hadimulyo 4 provinsi, dan Susi Pudjiastuti 2 provinsi," ujarnya.

Said Iqbal pun menyatakan akan mengirim surat kepada capres Partai Buruh serta cawapres yang sudah disebutkan sebelumnya.

"Tahapan itu meliputi, tahap satu pencermatan sudah ya, tahapan kedua pembukaan (hari ini, dengan demikian hari ini Partai Buruh akan mengirim surat kepada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Said Iqbal, Najwa Shihab, Rizal Ramli, dan Rocky Gerung, dan mengirim surat kepada cawapres" tuturnya.

Akan Sumbang hingga 10 Juta Suara

Presiden Partai Buruh Said Iqbal ditemui di tengah aksi demo, Rabu (21/6/2023).
 - Partai Buruh diketahui belum mendeklarasikan dukungan mereka kepada bacapres untuk Pilpres 2024, tapi pastikan sumbang hingga 10 juta suara.
Presiden Partai Buruh Said Iqbal ditemui di tengah aksi demo, Rabu (21/6/2023).  - Partai Buruh diketahui belum mendeklarasikan dukungan mereka kepada bacapres untuk Pilpres 2024, tapi pastikan sumbang hingga 10 juta suara. (Tribunnews/Rahmat W Nugraha)

Said Iqbal pun menyampaikan, nantinya Partai Buruh akan menyumbangkan sebanyak 6,5 hingga 10 juta suara untuk capres yang dipilihnya.

"Partai Buruh akan menyumbangkan suara untuk capres yang dipilih partai buruh itu 6,5 juta sampai 10 juta suara secara sah nasional," ungkapnya, dikutip dari YouTube Kompas TV, Rabu.

"Itu mapping kami dengan defiasi kesalahan 2 persen, yakin banget," sambung Said Iqbal.

Untuk diketahui, sejauh ini, partai politik yang sudah menentukan sikap politiknya ada NasDem-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai pasangan di Pilpres 2024.

Kemudian Golkar, Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung Prabowo untuk bersaing dengan Anies dan Cak Imin.

Sementara itu, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Hanura memutuskan mendukung Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.

(Tribunnews.com/Rifqah)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas