Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Nilai Ridwan Kamil Lengkapi Kekurangan Elektoral Ganjar di 3 Provinsi Ini

Secara personal RK bisa melengkapi kekurangan Ganjar yang selama ini lemah di tiga provinsi ini yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pengamat Nilai Ridwan Kamil Lengkapi Kekurangan Elektoral Ganjar di 3 Provinsi Ini
HO via Tribun Medan
Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menganalisis soal isu Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) yang santer dikabarkan menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Apalagi dalam simulasi di hasi survei SMRC, elektabilitas Ganjar dan RK mengungguli pasangan Prabowo-Erick Thohir dan Anies Baswedan-Ridwan Kamil.




Menurut Agung, secara personal RK bisa melengkapi kekurangan Ganjar yang selama ini lemah di tiga provinsi ini yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

"Apalagi RK juga didukung oleh kekuatan media sosial yang mumpuni karena memiliki puluhan juta followers," kata Agung kepada Tribunnews.com, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Ridwan Kamil Top Of Mind Cawapres Ganjar: Main Film Dilan hingga Bangun Kolam Renang di Rumah Dinas

Dia melanjutkan daya tarik dan akseptabilitas elite RK lebih baik ketimbang nama lain.

"(Lebih baik) dari Mahfud dan Sandiaga karena RK lebih adaptif saat berhadapan dengan beragam kepentingan politik yang kompleks," pungkas Agung.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru simulasi tiga pasangan cqpres dan cawapres.

Dalam hasil survei simulasi yang dilakukan pada 5-8 September 2023, duet Ganjar Pranowo - Ridwan Kamil unggul atas pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto - Erick Thohir.

Duet Ganjar - Ridwan Kamil punya keterpilihan 35,4 persen, disusul Prabowo - Erick 31,7 persen, dan Anies - Cak Imin 16,5 persen.

“Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen,” kata pendiri SMRC, Saiful Mujani memaparkan hasil survei di kanal Youtube SMRC TV, Jumat (15/9/2023).

Saiful mengatakan, meski telah mengumumkan sosok cawapresnya sejak dini, namun Cak Imin belum memiliki efek yang bisa meningkatkan elektabilitas Anies.

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujarnya.

Ia pun menerangkan persentase tersebut masih bisa berubah. Namun duet Anies - Cak Imin diperkirakan relatif sulit untuk meningkatkan elektabilitasnya.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” jelasnya.

Adapun survei SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023 dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Kemudian pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Survei itu dilakukan dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.212 responden dan margin of error survei lebih kurang 2.9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas