Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peta Koalisi Partai Parlemen Pendukung Prabowo, Ganjar, dan Anies saat Ini

Simak kekuatan partai koalisi dari tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024 mendatang per Jumat (22/9/2023) sore.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Peta Koalisi Partai Parlemen Pendukung Prabowo, Ganjar, dan Anies saat Ini
Kolase Tribunnews
Tiga bakal calon presiden (Bacapres) yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Simak kekuatan partai koalisi dari tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024 mendatang per Jumat (22/9/2023) sore. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak kekuatan partai koalisi dari tiga bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024 mendatang per Jumat (22/9/2023) sore.

Diketahui, guna mencalonkan capres dan cawapres, partai pengusung diharuskan memenuhi syarat presidential threshold yang telah diatur dalam Pasal 222 UU Pemilu.

Presidential threshold adalah perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada Pemilu anggota DPR sebelumnya.

Baca juga: PSI Belum Putuskan Beri Dukungan ke Prabowo, Tak Mau Terburu-buru: Kita Tunggu Nama Wapresnya Siapa

Lalu, bagaimana situasi kekuatan koalisi partai politik (parpol) dari masing-masing bacapres, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pertama, ada nama Prabowo Subianto yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari empat partai politik (parpol) di parlemen.

Parpol yang mendukung Prabowo ialah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kekuatan dari empat partai pengusung Prabowo Subianto jika dijumlah ialah 261 kursi di parlemen pada Pemilu 2019 silam.

BERITA REKOMENDASI

Itu berarti kekuatan mereka sekitar 43 persen dari kursi DPR, sudah memenuhi aturan presidential threshold.

Capres Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Rapimnas Partai Demokrat, Kamis (21/9/2023).
Capres Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Rapimnas Partai Demokrat, Kamis (21/9/2023). (Tangkapan layar Youtube Partai Demokrat)

Kedua, Ganjar Pranowo saat ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

PDIP dan PPP memiliki jumlah kursi di DPR sebanyak 147 atau sekitar 27 persen.

Ketiga, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin didukung oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga partai.

Mereka adalah Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Jika ditotal ketiganya memiliki 167 di DPR atau sekitar 30 persen.

Koalisi Indonesia Maju

Bacapres: Prabowo Subianto

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas