Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahmad Basarah Nilai Megawati Berpeluang Terima Wacana Duet Ganjar-Prabowo

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah singgung soal kemungkinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terima duet bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Ahmad Basarah Nilai Megawati Berpeluang Terima Wacana Duet Ganjar-Prabowo
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah singgung soal kemungkinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terima duet bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah, menilai ada kemungkinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menerima wacana duet bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Menurut Basarah ada lima faktor yang menentukan terwujudnya wacana duet Ganjar-Prabowo ini. 

Di antaranya, keputusan dari Megawati, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Prabowo, Ganjar dan para ketua partai politik pendukung pemerintahan Jokowi. 




"Kalau dilihat dari wacana Ganjar-Prabowo itu, menurut saya ada lima faktor determinan yang akan memutuskan apakah duet itu mungkin terjadi atau tidak."

"Pertama, faktor Ibu Megawati Soekarnoputri; kedua, Jokowi; ketiga Pak Prabowo, kemudian Ganjar dan faktor para ketua umum partai politik pendukung pemerintahan Indonesia maju," ujarnya, dikutip dari youTube KompasTV, Jumat (22/92/2023). 

Baca juga: Isu Dua Poros Koalisi Muncul, Duet Prabowo-Ganjar Mengemuka Lagi, Ini Tokoh yang Pro dan Kontra

Menurut Basarah, berkaca dari pengalaman Mengawati hingga hubungan dengan Prabowo saat ini, Megawati berpeluang menerima duet dua bacapres itu. 

"Dari kelima aktor tadi secara politis mereka masih sangat mungkin menyetujui duet Ganjar-Prabowo."

BERITA TERKAIT

"Pertama dari sisi Megawati dia punya track record selama beberapa Pilpres selalau punya preferensi selalu menyandingkan tokoh nasionalis dan tokoh Islam dalam hal ini Nahdlatul Ulama (NU) atau purnawirawan TNI," katanya. 

Basarah mengatakan, hubungan Megawati dengan Prabowo saat ini baik. 

"Pak Prabowo sampai saat ini hubungannya juga baik dengan Ibu Megawati Soekarnoputri dan bahkan beberapa kali minta waktu untuk bertemu," kata Basarah. 

"Antara PDIP dan Gerindra adalah sama-sama partai nasionalis."

"Jadi dari sikap sisi Ibu Megawati sendiri, menurut analisis saya jika duet Ganjar dan Prabowo itu dimunculkan sangat mungkin Ibu Megawati menerimannya karena memiliki pengalaman seperti yang saya ungkapkan tadi," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia juga menyebut faktor terpenting terwujudnya duet Ganjar dan Prabowo adalah Presiden Jokowi. 

Menurut Basarah, Jokowi selama ini selalu menggaungkan Pilpres agar berjalan dengan aman, singkat dan damai. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas