Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Anggap Gabungnya Kaesang ke PSI Hanya Riak Kecil: Tak Pengaruhi Langkah untuk Melaju

Said Abdullah menyikapi kabar masuknya putra bungsu Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep ke PSI menurutnya itu hal yang biasa dan wajar.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PDIP Anggap Gabungnya Kaesang ke PSI Hanya Riak Kecil: Tak Pengaruhi Langkah untuk Melaju
Kolase Tribunnews (TribunSolo.com/Adi Surya-Ahmad Syarifudin)
Spanduk Kaesang Pangarep yang ada di pinggir Jalan Kota Solo, Kamis (21/9/2023). - Sosok Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi, kini resmi gabung PSI, Sabtu (23/9/2023). Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyikapi kabar masuknya putra bungsu Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep ke PSI menurutnya itu hal yang biasa dan wajar sebab, Kaesang sejatinya merupakan pribadi masyarakat, 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyikapi soal kabar masuknya putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Kaesang Pangarep ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Said menyatakan, kalau kabar tersebut adalah suatu hal yang biasa dan wajar, sebab, Kaesang sejatinya merupakan pribadi masyarakat, sehingga kondisi itu hanya bagian dari dinamika.

"PDI Perjuangan sendiri, tentu saja, sebagai partai terbesar di negeri ini menganggap hal biasa. Dinamika aktivitas pribadi masyarakat negeri ini," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/9/2023).

Atas hal itu, anggota Komisi III DPR RI tersebut menegaskan kalau langkah politik PDIP tidak akan terganggu dengan dinamika yang seperti demikian.

Said menganggap, apa yang terjadi saat ini di dalam internal keluarga Presiden Jokowi adalah suatu riak kecil dalam kondisi politik.

"Karena itu, aktivitas PDI Perjuangan tetap berjalan melaju berhikmat dan mengabdi pada negeri ini tanpa terganggu serta tidak terpengaruh gonjangan ombak sebesar apapun, apalagi jika hanya sekedar riak kecil," ucap dia.

Pernyataan itu didasari Said lantaran hingga saat ini, terdapat mantan kader PDIP yang memilih jalan politik berbeda dengan masuk ke partai lain.

BERITA REKOMENDASI

Bahkan, tidak jarang dari mereka yang menduduki jabatan hingga setingkat menteri. Oleh karenanya, Said menganggap, apa yang terjadi saat ini bukanlah hal yang luar biasa di tubuh PDIP.

Sebab kata dia, siapapun yang pergi dari internal PDIP pasti akan ada penggantinya.

"PDI Perjuangan terlalu besar untuk terusik hanya oleh satu dua orang apalagi yang bukan menjadi pengurus inti. Jika seorang pengurus sekalipun keluar masih ada puluhan, ratusan, ribuan dan bahkan jutaan yang siap menggantikan," tukas dia.

Kaesang Pangarep telah resmi diumumkan sebagai anggota baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI). KTA-nya diserahkan di Solo, Sabtu (23/9/2023)
Kaesang Pangarep telah resmi diumumkan sebagai anggota baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI). KTA-nya diserahkan di Solo, Sabtu (23/9/2023) (TribunSolo.com/Ahmad Syarifudin)

Diberitakan sebelumnya, Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) per Sabtu (23/9/2023).

Hal ini diketahui lewat penyerahan secara simbolik berupa Friendship Card PSI oleh Ketua Umum PSI, Giring Ganesha di kediaman Jokowi di Sumber, Banjasari, Solo.

Dikutip dari Tribun Solo, Kaesang mengungkapkan kerap berkomunikasi dengan para kader PSI seperti Raja Juli Antoni yang kini menjabat sebagai Wamen ATR/BPN serta Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Saya sebenarnya dengan teman-teman PSI sudah cukup lama. Sudah bertemu dengan Bro William, Bro Mongol, dengan Bro Ketum juga di podcast saya," jelasnya.

Kaesang mengungkapkan, komunikasi yang telah dijalin menjadi keyakinannya untuk bergabung ke partai berlambang mawar tersebut.

"Saya juga sering berkomunikasi intens dengan Pak Wamen, Sis Grace juga. Alhamdulillah komunikasi selalu lancar selalu cair. Waktu itu mikir kenapa nggak diseriusin aja," terangnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas