Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

SMRC: Mahfud MD dan Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Elektabilitas Ganjar di Jatim

Mahfud MD dan Ridwan Kamil bisa mendongkrak elektabilitas Ganjar di Jawa Timur. Bahkan ketika dipasangkan bisa mengalahkan Anies-Cak Imin.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Daryono
zoom-in SMRC: Mahfud MD dan Ridwan Kamil Bisa Dongkrak Elektabilitas Ganjar di Jatim
kolase Tribunnews.com
Mahfud MD dan Ridwan Kamil bisa mendongkrak elektabilitas Ganjar di Jawa Timur. Bahkan ketika dipasangkan bisa mengalahkan Anies-Cak Imin. 

TRIBUNNEWS.COM - Saiful Mujani Research Center (SMRC) merilis survei yang menunjukan bahwa Menkopolhukam, Mahfud MD dan mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dapat menjadi pilihan cawapres bagi bacapres PDIP, Ganjar Pranowo untuk mendongkrak elektabilitasnya di Jawa Timur.

Menurut simulasi survei nasional SMRC yang dilakukan pada 2 September-11 September 2023, ketika Ganjar dipasangkan dengan Ridwan Kamil, maka akan memperoleh suara di Jatim sebanyak 46 persen.

Sementara saat Prabowo Subianto berdampingan dengan Erick Thohir hanya meraih 23 persen suara di Jatim.

Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya memperoleh suara 12 persen.

Baca juga: Peta Dua Poros di Pilpres 2024, Pengamat Prediksi Ganjar-Prabowo Bersatu dan Pasangan AMIN Bubar

Dengan hasil survei ini, Direktur Eksekutif SMRC, Saiful Mujani menganggap bahwa meski Anies telah berpasangan dengan tokoh NU seperti Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, elektabilitasnya tidak mengalami peningkatan.

"Mungkin (suara Ganjar-Mahfud MD bisa lebih tinggi dibanding Ganjar-Ridwan kamil). Secara teoritis, di atas kertas tokoh dari satu daerah tertentu itu kemungkinan akan memperkuat atau membantu."

"Kalau misal ada tokoh NU, dari Jawa Timur pula, maka kemungkinan (suara) pasangan itu akan menguat," kata Saiful dikutip dari kanal YouTube SMRC TV, Kamis (28/9/2023).

BERITA REKOMENDASI

Lalu, menurut Saiful, meski Ridwan Kamil bukanlah tokoh NU dan bukan berasal dari Jawa Timur, dia dapat mendongkrak elektabilitas Ganjar di Jawa Timur ketimbang Muhaimin dengan dipasangkan bersama Anies.

"Nah sekarang RK, pertama tidak dikenal sebagai tokoh NU dan bukan dari Jawa Timur. Dalam posisi seperti ini pun, Ganjar cukup kompetitif dibanding Anies."

"Bahkan, ketika Anies sudah berpasangan dengan kader NU Muhaimin Iskandar, bekas ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Jadi belum keliatan efek dari deklarasi (Anies-Imin) itu di Jawa Timur sendiri," jelas Saiful.

Sementara berdasarkan survei terbaru SMRC yang dilakukan via sambungan telepon pada 20-22 September 2023, ketika Ganjar dipasangkan dengan Mahfud MD juga mendongkrak elektabilitas di Jawa Timur dengan raihan 45 persen suara.

Sedangkan pasangan Prabowo-Erick hanya mengantongi 24 persen suara dan disusul Anies-Cak Imin dengan 14 persen suara.

Berdasarkan dua kali survei tersebut, Saiful mengatakan bahwa pasangan AMIN perlu untuk berkampanye lebih lanjut di Jawa Timur.

Baca juga: Anies Melejit di Basis Ganjar-Prabowo, Pengamat: Berpotensi Menang di Jawa Timur

Bahkan, Saiful menduga ketika suara AMIN di Jatim tidak mengalami perubahan signifikan, maka suara di daerah lain juga tidak mengalami perubahan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas