Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LSI: Prabowo Jadi Capres Paling Populer dan Disukai Ketimbang Ganjar dan Anies

Prabowo menjadi capres paling populer dan disukai ketimbang Ganjar dan Anies berdasarkan survei LSI yang dirilis pada Kamis (19/10/2023).

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Survei LSI: Prabowo Jadi Capres Paling Populer dan Disukai Ketimbang Ganjar dan Anies
Kolase Tribunnews.com
Prabowo menjadi capres paling populer dan disukai ketimbang Ganjar dan Anies berdasarkan survei LSI yang dirilis pada Kamis (19/10/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait capres-cawapres yang paling populer dan disukai pada Kamis (19/10/2023).

Dalam survei yang dilakukan pada 2-8 Oktober 2023 terhadap 1.620 responden tersebut, Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto menjadi capres paling populer dan disukai.

Berdasarkan pemaparan dari peneliti LSI, Djayadi Hanan, Prabowo meraih kepopuleran dengan raihan 96,1 persen suara dan tingkat kesukaan mencapai 80,7 persen.

Prabowo unggul dari bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang menempati peringkat kedua dengan tingkat kepopuleran mencapai 88,2 persen dan tingkat kesukaan mencapai 67,5 persen.

Sementara di peringkat ketiga, ada bacapres Ganjar Pranowo dengan tingkat kepopuleran mencapai 86,9 persen.

Meski kalah populer, Ganjar lebih disukai ketimbang Anies lantaran tingkat kesukaan yang diraih mantan Gubernur Jateng itu mencapai 77,7 persen.

Baca juga: Pendaftaran Capres-Cawapres Dimulai, Ini Elektabilitas Prabowo vs Ganjar vs Anies Versi 21 Survei

Di sisi lain, cawapres Ganjar yaitu Mahfud MD unggul jauh ketimbang cawapres Anies, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari segi popularitas dan tingkat kesukaan.

BERITA REKOMENDASI

Masih dalam survei tersebut, tingkat kepopuleran Mahfud mencapai 62,4 persen suara dan tingkat kesukaan responden terhadap dirinya mencapai 83,1 persen.

Sehingga, Mahfud justru lebih disukai masyarakat ketimbang Ganjar yang menjadi capresnya.

Sementara Cak Imin memiliki tingkat kepopuleran di angka 49,5 persen dan mempunyai tingkat kesukaan mencapai 64,5 persen.

Di sisi lain, cawapres yang digadang-gadang menjadi pendamping Prabowo pun turut disurvei, yaitu Menteri BUMN, Erick Thohir; Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa; dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dari ketiga orang tersebut, tingkat kepopuleran Gibran lebih unggul daripada Erick dan Khofifah di angka 71,5 persen.

Disusul Erick dengan tingkat kepopuleran mencapai 63,6 persen dan di bawahnya ada Khofifah yang meraih 51,7 persen.

Sedangkan untuk tingkat kesukaan, Erick lebih unggul ketimbang Gibran dengan raihan 81,7 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas