Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Badan Serikat Pekerja Nilai Relevan Program 17 Juta Lapangan Kerja Baru Ganjar-Mahfud

Ganjar Mahfud memiliki komitmen untuk menciptakan lapangan kerja baru setiap tahun sehingga tingkat penyerapan kerja menjadi optimal.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Badan Serikat Pekerja Nilai Relevan Program 17 Juta Lapangan Kerja Baru Ganjar-Mahfud
Istimewa
Badan Pekerja Persatuan Indonesia (Basperindo) Arnod Sihite. Badan Pekerja Persatuan Indonesia (Basperindo) merespons positif komitmen calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pekerja Persatuan Indonesia (Basperindo) merespons positif komitmen calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Melalui misi cepat kerja, Ganjar Mahfud memiliki komitmen untuk menciptakan lapangan kerja baru setiap tahun sehingga tingkat penyerapan kerja menjadi optimal dan angkatan kerja baru bisa lebih cepat terserap.

Baca juga: Ganjar Janjikan 17 Juta Lapangan Kerja Sedangkan Anies 15 Juta, Ini Perbandingan Visi & Misi Mereka

"Komitmen 17 juta lapangan kerja baru ini sangat positif karena menjawab persoalan bangsa saat ini. Di tengah upaya menekan angka pengangguran, komitmen aksi ini oleh kalangan pekerja disambut antusias," ungkap Ketua Umum Basperindo Arnod Sihite kepada wartawan di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Menurut Arnod, Ganjar-Mahfud dalam visi dan misinya menempatkan aspek ketenagakerjaan sebagai isu penting yang harus dikerjakan saat memimpin nantinya.

Arnod mengatakan aspek ketenagakerjaan ini oleh Ganjar-Mahfud diletakan dalam satu misi besar terkait ekonomi unggul yang berdaya saing.

"Di antara aspek penting membuat ekonomi unggul adalah kesempatan kerja. Maka komitmen 17 juta lapangan kerja baru itu sesuatu yang sangat relevan. Kami apresiasi," papar Ketua Umum Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Percetakan, Penerbitan Media Informasi seluruh Indonesia PP PMI KSPSI) tersebut.

Caleg DPR RI Dapil Sumut II dari Partai Perindo tersebut menegaskan juga komitmen Ganjar-Mahfud untuk memajukan peran ekonomi kreatif yang mengedepankan Ekonomi Hijau untuk mendorong percepatan pembangunan.

BERITA TERKAIT

"Artinya sektor ini saling berkaitan. Adanya komitmen untuk mudah bekerja, cepat bekerja memastikan ekonomi Indonesia juga bertumbuh dengan baik. Demikian sebaliknya. Ekonomi yang bertumbuh dengan baik akan membuka kesempatan kerja lebih luas lagi," ucap Wakil Ketua Umum DPP KSPSI ini.

Baca juga: Investasi Sektor UMKM Ciptakan Nilai Tambah dan Perluas Lapangan Kerja

Bukan hanya itu, Indonesia punya tantangan untuk makin meningkatkan kualitas SDM pekerja/buruh dalam rangka kecakapan digital.

Termasuk memanfaatkan bonus demografi demi Indonesia Unggul pada 2045. Caranya dengan melakukan upskilling dan reskilling pada kelompok pekerja dan buruh.

"Kecakapan digital pada pekerja itu suatu keharusan. Dalam visi misinya jelas Ganjar - Mahfud punya komitmen yang jelas pada aspek digitalisasi ini yang harus berlaku di semua lini kehidupan," imbuhnya.

Arnod yang juga Tim Lembaga Kerjasama Tripartit Nasional itu mengatakan pada aspek ketenagakerjaan, Ganjar - Mahfud lebih memiliki pemetaan persoalan yang lebih jelas dan terperinci demikian juga upaya atau solusi yang ditawarkan.

Misalnya kata dia masalah utama ketenagakerjaan di Indonesia adalah struktur tenaga kerja Indonesia mayoritas atau 56,33 persen adalah lulusan SMP ke bawah, kemudian 31,34 persen lulusan SMA, dan hanya 12,32 persen lulusan perguruan tinggi.

Menurut ILO, dengan kondisi ini pekerja Indonesia hanya memiliki output sebesar US$13 per jam atau masih di bawah Singapura US$74, Brunei Darussalam US$56, Malaysia US$26, dan Thailand US$15.

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas