Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Janji Prabowo-Gibran: Perketat Masuknya TKA, Ciptakan Lapangan Kerja Utamakan Tenaga Lokal

Jika terpilih di pemilihan presiden 2024 mendatang, Prabowo-Gibran akan memperketat masuknya TKA ke tanah air, utamakan tenaga lokal.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Janji Prabowo-Gibran: Perketat Masuknya TKA, Ciptakan Lapangan Kerja Utamakan Tenaga Lokal
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023). Keduanya datang untuk menjalani medical check up atau tes kesehatan. Jika terpilih di pemilihan presiden 2024 mendatang, Prabowo-Gibran akan memperketat masuknya TKA ke tanah air, utamakan tenaga lokal. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada banyak visi-misi yang diajukan oleh pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka jika terpilih di pemilihan presiden 2024 mendatang.

Satu di antaranya, keberadaan tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia.

Dari salinan visi-misi Prabowo-Gibran yang dilihat Tribunnews, nantinya mereka akan memperketat masuknya TKA ke tanah air.

Janji ini termasuk ke dalam salah satu butir dari penerapan 8 asta cita Prabowo-Gibran.

"Memperketat masuknya tenaga kerja asing melalui  pembentukan satgas pengawasan TKA untuk melindungi tenaga kerja dalam negeri," demikian bunyi visi, misi, program Prabowo-Gibran.

Di saat yang bersamaan, Prabowo-Gibran berjanji jika terpilih nantinya akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya kepada tenaga kerja lokal.

Akan tetapi, tidak dijelaskan secara rinci berapa target mereka.

BERITA TERKAIT

"Menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya dengan mengutamakan tenaga kerja lokal untuk mengurangi tingkat pengangguran," janji Prabowo-Gibran.

Baca juga: Pengakuan Gibran Masih Kantongi KTA PDIP Meski Jadi Cawapres Prabowo

Di sisi lain, Prabowo-Gibran juga berjanji memberikan bantuan dan insentif untuk membuka usaha melalui gerakan ekonomi kerakyatan dengan membangun pusat kewirausahaan di tingkat kabupaten untuk memperkuat produk-produk UMKM.

"Mendorong digitalisasi UMKM sebagai salah satu jalan utama dalam memperkuat perekonomian Indonesia dan menghasilkan manfaat sosio ekonomi yang lebih luas bagi komunitas dan masyarakat," sebutnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas