Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pernyataan Anies, Ganjar, dan Prabowo Jelang Putusan MKMK Dugaan Pelanggaran Etik Hakim Konstitusi

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto memberikan tanggapannya jelang sidang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Pernyataan Anies, Ganjar, dan Prabowo Jelang Putusan MKMK Dugaan Pelanggaran Etik Hakim Konstitusi
Tribunnewswiki
Tiga bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto memberikan tanggapannya jelang sidang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), Selasa (7/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Tiga bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto memberikan tanggapannya jelang sidang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), Selasa (7/11/2023).

Sidang putusan MKMK ini terkait dugaan pelanggaran etik dalam putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batas minimal usia Capres-Cawapres.

Anies Baswedan




Bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan berharap MKMK menjunjung etik dan objektivitas saat memutuskan dugaan pelanggaran etik hakim MK.

"Saya pernah menjadi ketua komite kode etik KPK, kalau enggak salah tahun 2012. Pada saat itu saya menjadi ketua komite umum kode etik dan waktu itu mendapatkan tugas dari KPK apakah ada prinsip-prinsip etika yang terlanggar atau tidak," kata Anies Baswedan ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Pengamat Yakini Jika MKMK Putus Hakim MK Langgar Etik, Bisa Mendegradasikan Prabowo-Gibran

Dikutip dari WartakotaLive, Anies mengatakan dari pengalaman itu ia melihat bekerja di dalam soal etika ini itu harus menjaga etik juga.

"Termasuk semua yang menjadi keputusan-keputusannya itu memang harus mendasarkan fakta-fakta temuan dan objektif lalu disampaikan juga sebagai bagian dari menjaga marwah institusi," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Berkaca pada pengalaman tersebut, ia percayakan MKMK menuntaskan tugas dengan baik dengan menjunjung tinggi etika dan objektivitas.

"Jadi saya percayakan kepada majelis kehormatan untuk menuntaskan tugas dengan baik, kami percaya bahwa mereka akan menjunjung tinggi etika dan objektivitas," tegasnya.

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo di JCC, Jakarta Selatan, pada Jumat (3/11/2023).
Ganjar Pranowo di JCC, Jakarta Selatan, pada Jumat (3/11/2023). (Istimewa)

Sementara itu bakal capres yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, Ganjar Pranowo optimis Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie bersikap independen dalam mengusut dugaan pelanggaran kode etik Ketua MK Anwar Usman terkait putusan batas usia capres-cawapres.

Hal itu dikatakan Ganjar saat menghadiri laga Final Turnamen Sepak Bola Liga Kampung Soekarno Cup U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

“Insya Allah bisa (independen), karena rakyat semua nonton. Akan berisiko kalau yang mengadili atau tim etik itu tidak netral. Akan diadili oleh semuanya dan jangan sampai runtuh,” kata Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, hal tersebut karena mengetahui bahwa Jimly pernah bertemu calon capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto pada Mei 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas