Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Poltracking Terbaru Ungkap Peta Dukungan Capres-Cawapres Berdasarkan Efek Elektoral Jokowi

Dari yang menyatakan tidak terpengaruh dengan arah dukungan Jokowi, lanjut dia, mayoritas responden memilih Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. 

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Survei Poltracking Terbaru Ungkap Peta Dukungan Capres-Cawapres Berdasarkan Efek Elektoral Jokowi
TRIBUN-TIMUR.COM
Survei terbaru pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024 Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait peta sebaran pasangan capres-cawapres dalam Pemilu 2024 berdasarkan efek elektoral Presiden Joko Widodo pada Jumat (10/11/2023).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memgatakan per hari ini untuk bulan November 2023 tingkat kepuasan atau approval rating kepada Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mencapai 76,2 persen.

Setelah didalami, kata dia, dari 76,2% yang mengapresiasi kinerja Jokowi secara positif sebanyak 39,2% responden tersebar pada pendukung Prabowo-Gibran, 34,9% ke Ganjar-Mahfud, dan 20,8% ke Anies-Muhaimin.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mendalami dari responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi yakni sejumlah 14%.

Responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi, kata dia, memilih Prabowo-Gibran 41,3%, Anies-Muhaimin 37,8%, dan Ganjar-Mahfud 14,5%. 

"Jadi, kalau kita perhatikan tadi yang puas pada kinerja Jokowi itu terbelah kuatnya ke Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Sementara yang tidak puas itu ke Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin. Terpaut dalam margin of error. Jadi relatif sama sebarannya," kata Hanta dikutip dari kanal Youtube Poltracking TV.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mendalami pengaruh Jokowi terhadap pilihan responden menyangkut tiga pasangan capres-cawapres tersebut.

Hasil survei, kata dia, menunjukkan sebesar 46,7% masih mempertimbangkan pilihan mereka berdasarkan arah dukungan Jokowi.

Dari jumlah tersebut, kata Hanta, sebanyak 41% responden memilih Prabowo-Gibran, sebanyak 30,9% memilih Ganjar-Mahfud, dan 21,4% memilih Anies Muhaimin.

Kemudian, kata dia, ada 16,2% pemilih yang mengatakan akan memilih berdasarkan dukungan Jokowi.

"Sementara yang mengikuti arah Jokowi itu mayoritas cukup dominan ke Prabowo-Gibran, baru ke Ganjar-Mahfud, dan Anies Muhaimin," kata Hanta.

Baca juga: Jokowi Sudah Mati Rasa dengan PDIP

Sedangkan untuk pemilih yang mengatakan tidak terpengaruh dengan arah dukungan Jokowi terdapat 20,2%.

Dari yang menyatakan tidak terpengaruh dengan arah dukungan Jokowi, lanjut dia, mayoritas responden memilih Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas