Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati Minta Masyarakat Jangan Takut untuk Bersuara dan Berpendapat

Pengawalan terhadap agenda demokrasi itu menurut Presiden ke-5 Republik Indonesia tersebut, guna menghindari terjadinya kesewenangan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Megawati Minta Masyarakat Jangan Takut untuk Bersuara dan Berpendapat
Tangkapan layar tayangan YouTube PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri buka suara tentang apa yang terjadi di Mahkamah Konstitusi belakangan ini, Minggu, (12/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mengawal agenda-agenda demokrasi yang merupakan hasil dari perjuangan reformasi.

Kata dia, masyarakat jangan takut untuk bersuara dan berpendapat.

"Jangan lupa, terus kawal demokrasi berdasarkan nurani!

Jangan takut untuk bersuara, jangan takut untuk berpendapat, selama segala sesuatunya tetap berakar pada kehendak hati rakyat," kata kata Megawati dalam pidatonya yang ditayangkan langsung di streaming YouTube, Minggu (12/11/2023).

Megawati menyampaikan pidato politiknya untuk merespons kondisi atau dinamika politik yang belakangan ini terjadi.

Baca juga: Megawati Soekarnoputri Tangkap Sinyal Kecurangan Pemilu 2024 Mulai Terjadi

Pengawalan terhadap agenda demokrasi itu menurut Presiden ke-5 Republik Indonesia tersebut, guna menghindari terjadinya kesewenangan.

Pemilu yang demokratis, jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia, juga ditegaskan oleh Megawati harus dijalankan tanpa ada kecuali.

BERITA REKOMENDASI

"Terus kawal dan tegakkan demokrasi!Itulah kewajiban kita sebagai warga bangsa, dan bahkan menjadi keharusan setiap anak negeri dan bangsa agar tidak terjadi kesewenang-wenangan," kata dia.

"Sebab, kedaulatan rakyat harus terus kita junjung tinggi! Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi," tukas Megawati.

Megawati Soekarnoputri meminta agar Pemilu 2024 menjadi momentum bangsa Indonesia mendapatkan pemimpin masa depan yang terbaik.

Pernyataan itu disampaikan Megawati, dengan dasar karena dirinya mulai mengendus terjadinya kecurangan pemilu.

"Karena itulah dalam situasi seperti ini, mari kita kawal Pemilu 2024 dengan nurani dan sepenuh hati," kata Megawati.

Dengan begitu, Megawati berharap Pemilu 2024 mendatang ini bisa melahirkan pemimpin yang memenuhi kehendak rakyat serta mengayominya sehingga nantinya Indonesia kata dia bisa menjadi bangsa yang unggul dan berdiri di kaki sendiri sebagaimana cita-cita pejuang bangsa.

"Kita jadikan Pemilu 2024 sebagai momentum untuk mendapatkan pemimpin terbaik yang benar-benar mewakili seluruh kehendak rakyat Indonesia, mengayomi, agar Indonesia menjadi bangsa hebat, unggul, dan berdiri di atas kaki sendiri," beber dia.

Megawati juga menyebut, dirinya mulai menangkap sinyal adanya kecurangan dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Untuk itu, seluruh masyarakat Indonesia bisa memilih calon pemimpin masa depan sesuai dengan hati nurani masing-masing.

"Jangan biarkan kecurangan Pemilu yang akhir ini terlihat sudah mulai akan terjadi lagi.

Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani," kata Megawati dalam pidatonya yang ditayangkan langsung di streaming YouTube, Minggu (12/11/2023). (Tribun Network/riz/wly)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas