Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Bravo 5, Kelompok Pendukung Jokowi Binaan Luhut Pandjaitan yang Kini Dukung Prabowo-Gibran

Tim Bravo 5 menyatakan mendukung pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Ini Asal-usul namanya.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Mengenal Bravo 5, Kelompok Pendukung Jokowi Binaan Luhut Pandjaitan yang Kini Dukung Prabowo-Gibran
Tribunnews/Ibriza Fasti Ifhami
Ketua Umum Bravo 5 Letjen TNI (Purn) Sumardi (tengah) memimpin deklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran di Jakarta Timur, Rabu (15/11/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Bravo 5 menyatakan mendukung pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Diketahui Tim Bravo 5 berisikan sejumlah purnawirawan TNI.

Tim Bravo 5 terbentuk sejak 2013 untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pemilu 2014 dan berlanjut jadi pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilu 2019.

Terbentuknya Bravo 5 diinisiasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menko Bidan Kemaritaman dan Investasi.

Sukarelawan tersebut diketahui sebagian besar berisi purnawirawan TNI lulusan Akademi Militer angkatan 1970 atau seangkatan dengan Luhut Binsar Panjaitan.

Adapun saat itu, orang yang bergabung dalam Bravo 5 di antaranya mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suaidi Marasabessy, Letjen TNI (purn) Sumardi, Mayjen TNI (purn) Heriyono Harsoyo, Mayjen TNI (purn) Zainal Abidin, Mayjen TNI (purn) Heriyadi, Brigjen TNI (purn) Paulus Prananto, dan mantan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (purn) Marsetio.

Kini Relawan Bravo 5 dipimpin Letjen TNI (Purn) Sumardi.

Baca juga: 2 Kali Dukung Pencapresan Jokowi, Kini Bravo 5 Beralih Dukung Prabowo-Gibran Ajak Para Jenderal

BERITA TERKAIT

Sumardi selaku Ketua Umum Bravo 5 pun mengumumkan dukungannya terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

Terkait arah dukungan, Sumardi mengatakan, pihaknya tegak lurus dengan arahan Pembina Tim Bravo 5 Luhut Binsar Pandjaitan.

"Basic kami adalah tentara, kami tegak lurus dengan Pembina, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan. Ketika Pembina memutuskan memilih Pak Jokowi kami ikut dukung Pak Jokowi. Ketika Pak Luhut sekarang memilih Prabowo-Gibran, kami setia dan loyal tegak lurus," kata Sumardi, dalam konferensi pers, di Jakarta Timur, Rabu (15/11/2023).

Lebih lanjut, Sumardi yakin dapat mendukung Prabowo-Gibran untuk meraih kemenangan di 2024.

Baca juga: Pimpinan Ormas Bravo 5 Ngaku Relawan Jokowi dan Berencana Lapor Balik Anak Anggota DPR

Menurut dia, Bravo 5 tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami punya 32 DPD. Dari situ kami bisa mempunyai koordinasi kuat, ikatan yang kuat, yang selama ini kita udah jalankan untuk penggalangan massa maupun juga untuk kegiatan-kegiatan mendukung calon yang kita dukung," ucap Sumardi.

Terkait hal itu, katanya, koordinasi yang kuat dari Tim Bravo 5 terbukti membantu kemenangan Jokowi menang di Pilpres 2014 dan 2019.

Asal-Usul Nama Relawan Bravo 5

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas