Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semangat Gerak Cepat! Ganjar Sampaikan Komitmen dan Program Pembangunan di Tanah Papua

Bagi Ganjar, pembangunan Papua harus terus digencarkan, mulai dari bidang infrastruktur, pendidikan, hingga ekonomi.

Penulis: Muhammad Fitrah Habibullah
Editor: Content Writer
zoom-in Semangat Gerak Cepat! Ganjar Sampaikan Komitmen dan Program Pembangunan di Tanah Papua
Istimewa
Calon presiden RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo disambut hangat oleh masyarakat saat berkunjung ke Sorong, Papua Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan kebahagiaannya hadir di tengah masyarakat Papua. Pasalnya, Bumi Cendrawasih selalu punya tempat istimewa bagi sosok capres yang dipasangkan dengan cawapres Mahfud MD dalam Pemilu 2024 mendatang ini. 

Bagi Ganjar, pembangunan Papua harus terus digencarkan, mulai dari bidang infrastruktur, pendidikan dengan memperbanyak sekolah-sekolah, perbaikan ekonomi. Rakyat Papua yang memang punya bakat dan talenta kuat di bidang olahraga, menjadi perhatian Ganjar.

Sebagai upaya lebih meningkatkan olahraga masyarakat Papua yang memang penuh talenta sepakbola, Ganjar Pranowo punya gagasan membuat sekolah sepakbola bertaraf internasional di pulau paling timur Indonesia.

Ganjar yang dua periode duduk sebagai anggota DPR RI di Senayan dan dua periode Gubernur Jawa Tengah, berkomitmen menjaga keberlanjutan pembangunan dan perbaikan Papua.

Fokus utama pasangan calon Ganjar-Mahfud dengan semangat bersama untuk segera memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.

Hal ini disampaikan langsung Ganjar setelah menyerap aspirasi terkait pendidikan di Papua saat berkunjung ke Jayapura, Papua, Selasa (21/11/2023).

"Apa yang menjadi aspirasi mereka, lagi-lagi dari soal pendidikan. Juga soal sumber daya yang ada di sini–baik kehutanan maupun sumber daya alamnya, termasuk kemaritiman pariwisata,” kata Ganjar.

BERITA TERKAIT

Bukan tanpa alasan, Ganjar menegaskan tanah Papua melahirkan banyak anak cerdas yang akan menjadi sumber daya manusia berkualitas dunia di masa depan. Maka itu, sarana dan fasilitas pendidikan di Papua menjadi perhatian utama baginya.

Selain itu, menurutnya, potensi sumber daya alam, kemaritiman, dan pariwisata Papua bisa dimaksimalkan menjadi lebih baik.

"Umpama, tadi disampaikan lautnya juga menjadi yang luar biasa. Tapi akses pendidikan (belum merata), mereka harapkan bisa menjangkau ke anak-anak,” ujar Ganjar.

Program percepatan pembangunan untuk Rakyat Papua

Sebagai pemimpin yang menjunjung tinggi keadilan sosial, Ganjar dan Mahfud tak lupa untuk menaruh perhatian khusus pada kesenjangan pembangunan yang terjadi di berbagai wilayah Papua.

Untuk mempercepat pembangunan, Ganjar dan Mahfud telah merancang beberapa program khusus untuk Rakyat Papua. Misalnya, penerapan kebijakan fiskal dan pembangunan asimetris, investasi infrastruktur, insentif pajak, pembentukan pusat-pusat riset kelautan tropis.

Kebijakan fiskal sendiri menjadi cara untuk mengurangi kesenjangan ekonomi-sosial karena perbedaan dalam pertumbuhan, pengembangan, dan akses terhadap sumber daya antardaerah di Papua.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas