Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPU Ajukan Penjadwalan Ulang ke DPR, Batal RDP karena ke Luar Negeri

Pengajuan penjadwalan ulang ini dilakukan KPU setelah absen pada RDP sebelumnya, akibat para komisionernya mengadakan perjalanan dinas ke luar negeri.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in KPU Ajukan Penjadwalan Ulang ke DPR, Batal RDP karena ke Luar Negeri
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Anggota KPU RI Idham Holik. KPU bakal mengajukan penjadwalan ulang Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengajukan penjadwalan ulang Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI.

Pengajuan penjadwalan ulang ini dilakukan KPU setelah absen pada RDP sebelumnya, akibat para komisionernya mengadakan perjalanan dinas ke luar negeri.

"Kami akan mengajukan surat kembali untuk RDP dengan Komisi II DPR RI," ujar Komisioner KPU Idham Holik di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Idham mengungkapkan KPU sebelumnya telah melayangkan surat pemberitahuan ke DPR terkait kepergian para komisionernya ke luar negeri.

Dirinya beralasan perjalanan dinas ke luar negeri dilakukan para komisioner KPU, karena berkaitan dengan bimbingan teknis penyelenggaraan Pemilu.

"Waktu itu kami sudah sampaikan surat pemberitahuan karena berkaitan dengan Bimtek bukan hanya kami. Tapi juga ada lembaga lain yang terlibat dalam artian hal ini memberikan izin dan sebagainya," tutur Idham.

BERITA TERKAIT

Seperti diketahui, kabar kepergian para komisioner KPU ke luar negeri mencuat ke publik setelah tidak hadir pada RDP yang digelar Komisi II DPR RI pada Senin (20/11/2023).

RDP sedianya digelar untuk menindaklanjuti permohonan konsultasi dari KPU terkait putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 28p/kum/2023.

Pada rapat ini, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengkritik ketidakhadiran KPU, karena tidak ada satu pun komisioner yang hadir dalam rapat pada hari ini.

Diungkapkan Doli, seluruh Komisioner KPU hingga Sekjen KPU sedang pergi ke Luar Negeri (LN).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas