Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Merespons Berbagai Survei, Wasekjen Gerindra Kawendra: Insyaallah Satu Putaran, Demi Kebaikan Bangsa

Kendati demikian, dia mengimbau semua pendukung Prabowo-Gibran tidak jemawa merespons hasil survei tersebut.

Penulis: Erik S
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Merespons Berbagai Survei, Wasekjen Gerindra Kawendra: Insyaallah Satu Putaran, Demi Kebaikan Bangsa
Istimewa
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Gerindra Kawendra Lukistian 

Laporan Wartawan Tribunnews, Erik Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Gerindra Kawendra Lukistian bersyukur atas tingginya elektabilitas pasangan capres-cawapres yang diusung partainya, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di berbagai survei belakangan ini.

Dia berharap, Prabowo-Gibran bisa memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

"Pastinya, kami bersyukur dengan hasil-hasil survei yang ada, baik untuk Prabowo-Gibran dan untuk Gerindra juga secara tidak langsung memotret kerja-kerja seluruh tim, simpatisan Prabowo-Gibran serta kader Gerindra di berbagai daerah," kata Kawendra yang juga Staf Khusus Wakil Ketua DPR-RI tersebut, dalam keterangan persnya, Kamis (28/12/2023).

Kendati demikian, dia mengimbau semua pendukung Prabowo-Gibran tidak jemawa merespons hasil survei tersebut.

"Dengan hasil-hasil survei yang ada kita jangan jemawa dan terus tingkatkan lagi kerja-kerja yang tinggal hitungan hari ini, optimis insyaallah," kata Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) ini.

Pria yang akrab disapa Mas Kawe ini meminta semua pendukung Prabowo-Gibran terus bergerak.

BERITA TERKAIT

"Terus bergerak, menyampaikan pesan dan semangat Pak Prabowo, Mas Gibran dimanapun berada, Insyaallah Prabowo-Gibran menang satu putaran, bukan apa-apa, satu putaran ini demi kebaikan bangsa ke depan," pungkas Caleg DPR-RI Gerindra dari Dapil Jatim 4 Jember Lumajang tersebut.

Diketahui, Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center melakukan survei nasional terkait Elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024.

Survei dilakukan di seluruh Indonesia melibatkan 1.262 responden secara nasional, dan 4.000 responden di Jawa.

Profil responden didominasi oleh generasi Z dan milenial sebesar 74.9 persen, dengan 56.2 persen merupakan warga perkotaan. Terkait pemilihan presiden, hasil survei memperlihatkan bahwa dari ketiga pasangan capres-cawapres, kebanyakan responden akan memilih pasangan Prabowo - Gibran (46 persen).

Baca juga: Elektabilitas AMIN Ungguli Ganjar-Mahfud Versi CSIS, Cak Imin: di Survei Internal Lebih Dari Itu

Sedangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD sebesar 26,4 persen dan Anies Baswedan - Muhaimin sebesar (21,3 persen), dan yang tidak tahu 6,3 persen. Margin of error dalam survei ini sebesar 2,8 persen.

Hasil survei CSIS

Prabowo-Gibran juga unggul telak dibanding dua pasangan lainnya dalam survei terbaru yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Survei yang dilakukan persis sehari setelah gelaran debat capres perdana pada 12 Desember 2023 itu menemukan tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran adalah 43,7 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas