Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Survei Prabowo-Gibran Selalu Teratas, Ini Respons Tim AMIN dan TPN Ganjar-Mahfud 

Selain itu, keduanya juga tak mau ambil pusing soal keyakinan TKN Prabowo-Gibran bahwa pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Hasil Survei Prabowo-Gibran Selalu Teratas, Ini Respons Tim AMIN dan TPN Ganjar-Mahfud 
Kolase Tribunnews
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, merajai sejumlah hasil survei terbaru elektabilitas capres-cawapres Pilpres 2024 pada bulan November dan awal Desember 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) dan TPN Ganjar-Mahfud sama-sama enggan terlalu fokus pada hasil lembaga survei yang menempatkan pasangan Prabowo-Gibran pada urutan teratas.

Selain itu, keduanya juga tak mau ambil pusing soal keyakinan TKN Prabowo-Gibran bahwa pilpres 2024 berlangsung satu putaran.




Adapun survei teranyar disajikan oleh Indikator Politik Indonesia Elektabilitas Capres 2024 yang digelar pada 23-24 Desember 2023.

Hasilnya menunjukan Prabowo-Gibran 46,7 persen, Ganjar-Mahfud 24,5 persen serta Anies-Cak Imin posisi buncit dengan 21 persen.

"Kita menjadikan hasil survei ini sebagai rujukan untuk memahami dinamika yang ada di masyarakat, tapi bukan sebagai acuan satu-satunya. Kita tidak perlu mengklarifikasi ini sebagai sebuah fakta yang yang valid yang akurat ya tetapi sekedar rujukan tambahan," tutur Jubir Timses Anies-Cak Imin, Sulfikar Amir dalam tayangan Kompas TV, Jumat (29/12/2023).

Hal senada juga diungkapkan, Jubir TPN Ganjar-Mahfud MD Chico Hakim.

BERITA TERKAIT

Pihaknya juga enggan menjadikan hasil survei eksternal sebagai acuan utama. 

Pihaknya pun mempertanyakan soal kemampuan para lembaga survei tersebut, terutama soal margin of error.

"Kami ingin mengatakan adalah metode-metodenya harus dipertanyakan ya kan secara saintifik p mana yang benar mana yang salah dan Kenapa rentangnya selalu jauh," tutur dia.

Baca juga: Cak Imin Ungkap Ada Kiai yang Diberi Uang Besar Agar Tak Dukung AMIN di Pilpres 2024

Ia memastikan, pihaknya sendiri telah mengantongi hasil survei internal khususnya dalam dua bulan dua bulan terakhir ini.

"Kami juga punya survei sendiri tapi sama, kita akan tidak akan Bmbuka di sini tetapi pada prinsipnya ini hanya menjadi salah satu acuan dan tentu apapun hasil survei dari lembaga manapun tetap menjadi bahan evaluasi," jelas Chico.

Pada kesempatan yang sama, anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Ace Hasan Syadzily berkeyakinan bahwa pemilihan presiden 2024 akan berjalan satu putaran.

Menurut dia, hal ini merujuk pada hasil sejumlah lembaga survei yang menempatkan pasangan nomor urut dua ini mejadi yang teratas.

"Dari beberapa hasil lembaga surve ini kami harus lebih kerja keras lagi untuk bisa memastikan kemenangan karena target kami kami ingin satu putaran," kata Ace.

Baca juga: Jika Ditanya Mirip SGIE dalam Debat, Anies Baswedan: Saya Jawab GHIJKLMN

Pihaknya optimistis dalam waktu 48 hari lagi sebelum pencoblosan, suara untuk pasangan Prabowo-Gibran naik dengan melihat performa Menhan dan Wali Kota Solo itu dalam helatan debat capres-cawapres 

"Kami meyakini betul tampilan Gibran sangat istimewa saat beliau menjelaskan tentang visi misi itu. Saya yakin ini bisa menambah elektabilitas terhadap pasangan kami. Jadi saat ini jadi momen-momen penting bagi upaya meningkatkan elektabilitas supaya pasangan kami tetep unggul," ujar politisi Golkar ini.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas