Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisruh Surat Suara di Taipei, JPPR: Cermin Buruknya Manajemen dan Tata Kelola Pemilu 2024

Taipei, Taiwan. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Nurlia Dian Paramita dalam keteranganny

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kisruh Surat Suara di Taipei, JPPR: Cermin Buruknya Manajemen dan Tata Kelola Pemilu 2024
Kompas/Vitorio Mantalean
Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilihan untuk Rakyat (JPPR) Nurlia Dian Paramita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen dan tata kelola Pemilu 2024 dinilai buruk pascakisruh surat suara yang sudah tiba dan dicoblos warga negara Indonesia (WNI) di Taipei, Taiwan.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Nurlia Dian Paramita dalam keterangannya, Selasa (2/1/2024).

Perempuan yang akrab disapa Mita ini menjelaskan buruknya manajemen dan tata kelola Pemilu 2024 ini ditunjukkan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), khususnya di Taipei

"Kecerobohan PPLN yang lebih dulu mendistribusikan surat suara via pos ke pemilih sebelum jadwal yang ditetapkan mengindikasikan arogansi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya dalam penyelanggaraan Pemilu 2024," ujar Mita.

"Kecerobohan yang membuat gaduh publik ini mencerminkan buruknya manajemen dan tata kelola Pemilu 2024," sambungnya. 

Baca juga: Bakal Dikirim ke Taiwan Hari Ini, KPU Yakin Publik Mengerti Atas Kisruh Surat Suara Pemilu

Dikirim Hari Ini

BERITA REKOMENDASI

Untuk diketahui, sebagaimana lampiran I Peraturan KPU (PKPU ) Nomor 25 tahun 2023, pemungutan suara pos akan diselenggarakan mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 15 Februari 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik menjamin proses pengiriman itu nanti bakal berjalan dengan lancar. 

"Setelah kami melakukan komunikasi dengan PPL Taipei, insyaallah PPLN akan mendistribusikan atau mengirim surat suara pos pada tanggal 2-11 januari 2023," ujarnya, Senin (1/1/2024).

"Insya Allah nanti proses pengiriman surat suara pos akan berjalan lancar," ia menambahkan. 

Sebelumnya beredar video WNI di Taipei, Taiwan menerima surat suara Pemilu 2024 beredar di media sosial. Video tersebut menampilkan seseorang sedang mengeluarkan surat suara Pilpres 2024 dari amplop putih.

Lalu dia membuka surat suara itu. Gambar tiga pasangan calon lengkap dengan nama, nomor urut, dan logo partai pengusung terlihat di kertas itu.

KPU RI telah menyatakan puluhan ribu surat suara itu rusak lantaran PPLN Taipei mengirim surat suara Pilpres dan Pileg DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 tersebut ke pemilih di luar jadwal pengiriman yang telah ditetapkan dalam PKPU 25/2023 tentang Pemungutan Suara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas