Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bicara Soal Cak Imin, Anies Baswedan Beri Perumpamaan Buah Belimbing yang Matang di Pohon

Anies Baswedan menyinggung soal buah belimbing dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Sumatra Barat, Rabu (3/1/2024).

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bicara Soal Cak Imin, Anies Baswedan Beri Perumpamaan Buah Belimbing yang Matang di Pohon
Istimewa
Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Sumatra Barat, Rabu (3/1/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyinggung soal buah belimbing dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Sumatra Barat, Rabu (3/1/2024).

Awalnya Anies bicara soal pentingnya peran seorang wakil presiden.

Anies mencontohkan kesetaraan antara presiden dan wakil presiden terlihat seperti pada pasangan Soekarno dan Mohammad Hatta kala memimpin Indonesia.

"Jadi pasangan (presiden dan wakil presiden) itu setara, dan kami meyakini itu. Saya bersyukur sekali berpasangan dengan Gus Muhaimin Iskandar," kata Anies Baswedan.

Anies pun mengungkap rekam jejak Cak Imin yang pernah menjadi aktivis, Ketua Umum PMII, hingga menjadi ketua umum partai politik.

"Bukan seseorang yang karbitan, mendadak menjadi wakil presiden, sama sekali tidak. Kalau dia buah, dia buah yang matang di pohon," kata Anies.

Lantas ia pun mengibaratkan buah belimbing yang matang di pohon.

Baca juga: Janji Hidupkan Jalur Kereta Api di Sumbar, Anies: Daya Tarik Ranah Minang Dahsyat

BERITA TERKAIT

"Buah belimbing yang matang di pohon itu enak rasanya. Kalau belimbing yang belum matang di makan, sakit di perut, asem. Jadi matang di pohon itu beda," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Sumatera Barat tersebut, Anies pun sengaja mengenakan rompi bertuliskan kutipan Buya Hamka 'Orang berakal hidup untuk masyarakatnya, bukan buat dirinya sendiri'.

Anies memiliki alasan tersebut mengenakan rompi bertuliskan kutipan Buya Hamka.

Menurut Anies, Buya Hamka sebagai figur luar biasa, karena memiliki fondasi keagamaan yang kuat, konsisten dalam berjuang, serta punya cita rasa seni sastra yang luar biasa.

Selain itu, Anies mengaku bila dirinya begitu antusias setiap akan berkunjung ke Sumatera barat.

Baca juga: Anies di Sumbar: Janji Bangun Stadion Standar FIFA dan Hidupkan Jalur KA, hingga Bicara Food Estate

Bukan tanpa alasan, Sumatera Barat disebut Anies sudah melahirkan tokoh-tokoh besar dan pejuang-pejuang Indonesia dari masa kemerdekaan hingga sekarang.

"Saya senang sekali tiap kali pulang ke Ranah Minang. Masa kecil saya menikmati membaca biografi dan biografi tokoh-tokoh yang saya baca banyak sekali tokoh-tokoh dari kelahiran Ranah Minang ini. Mereka pejuang-pejuang luar biasa," kata Anies Baswedan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas