Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Persiapan Tiga Capres Hadapi Debat Ketiga Malam ini di Istora Senayan

Ketiga capres sudah mempersiapkan dirinya masing-masing sebelum menjawab pertanyaan yang dibuat panelis saat debat ketiga malam nanti.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Persiapan Tiga Capres Hadapi Debat Ketiga Malam ini di Istora Senayan
KPU
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada debat pertama Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). Debat ketiga untuk capres bakal digelar Minggu, 7 Januari 2024. Ini tema, lokasi, moderator, panelis, dan forrmat debat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tema debat Pilpres 2024 ketiga yakni soal pertahanan, keamanan, hubungan Internasional, globalisasi (subtema), geopolitik (subtema).

Debat yang mempertemukan kandidat calon presiden ini akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB.

Ketiga capres pun sudah mempersiapkan dirinya masing-masing sebelum menjawab pertanyaan yang dibuat panelis.

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan mengungkapkan dirinya telah banyak membaca materi berkaitan dengan tema debat.

"Kami baca-baca lagi, diskusi lagi, refresh yang selama ini menjadi kebijakan. Otomatis harus refresh, menyegarkan kembali supaya insyaallah bisa berdiskusi dengan baik pada debat nanti," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, berdasarkan visi misi AMIN (Anies-Muhaimin), Indonesia harus menjadi negara yang dihormati dalam pergaulan global.

"Kalau visi misi sudah jelas seperti yang tercantum, di situ kita ingin agar Indonesia menjadi sebuah negara yang dihormati dalam percaturan global," ujar Anies.

BERITA REKOMENDASI

"Dan keterlibatan Indonesia di percaturan internasional memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan serta keadilan di Indonesia," sambungnya.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengklaim Prabowo Subianto tidak akan menggunakan strategi menyerang dalam debat capres.

Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan RI sehari-harinya menyantap isu yang ada di dalam tema debat nanti.

Baca juga: H-1 Jelang Debat Capres, Prabowo Masak Nasgor dan Joget, Ganjar Nostalgia Indekos

Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan Prabowo hanya ingin menyampaikan gagasan terkait tema debat yakni soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

"Tujuannya menyampaikan visi dan misi secara baik. Tidak ada unsur serang menyerang, jadi mengalir seperti air saja," kata Nusron.

Dia menyebut Prabowo selalu mengantisipasi jika mendapat serangan dari paslon lain mengingat tema debat kedua capres ini bersinggungan dengan Prabowo yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

"Yang namanya debat menghadapi serangan ya biasa, tinggal dijawab saja," ujarnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas