Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Klaim Hasil Survei Elektabilitasnya Terus Naik, Ini Rangkuman 10 Survei Capres-Cawapres

Ganjar Pranowo mengklaim bahwa hasil survei elektabilitasnya terus mengalami kenaikan, berikut selengkapnya rangkuman 10 hasil survei capres-cawapres.

Penulis: Rifqah
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Ganjar Klaim Hasil Survei Elektabilitasnya Terus Naik, Ini Rangkuman 10 Survei Capres-Cawapres
Surya/Habibur Rohman
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berdiskusi dengan peserta pada kegiatan Nongkrong dengan milenial dan Gen Z di Surabaya, Sabtu (13/1/2024). - Ganjar Pranowo mengklaim bahwa hasil survei elektabilitasnya terus mengalami kenaikan, berikut selengkapnya rangkuman 10 hasil survei capres-cawapres. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengklaim hasil survei elektabilitasnya bersama cawapres Mahfud MD terus mengalami kenaikan.

Ganjar mengatakan, hasil surveinya kejar-kejaran dengan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Survei saya naik tuh. Bahkan pakai sistem triangulasi, kriterianya kami masih kejar-kejaran antara dua kandidat, perbedaannya sekitar dua persen,” kata Ganjar di Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Meski demikian, Ganjar mengatakan hasil survei lainnya sebagai referensi dan menjadi catatan untuk dijadikan perhatian.

Ganjar mengumpamakan beberapa wilayah, seperti Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Yogyakarta, Jawa Barat (Jabar) merupakan daerah-daerah gemuk.

“Gak masalah, semua survei kita jadikan pelajaran untuk kita menyikapi dengan bijak,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ganjar meminta para pendukungnya tidak takut pada hasil survei.

BERITA REKOMENDASI

Namun, ia menegaskan, hasil survei elektabilitas capres yang kian berseliweran itu cukup dijadikan sebagai pegangan.

"Bapak ibu nggak usah takut, ketika kemudian ada survei-survei, kita pegang survei itu. Kita pegang untuk kita jadikan satu acuan," kata Ganjar saat bertemu tim pemenangan daerah (TPD), calon legislatif (caleg) partai koalisi dan relawan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan, ihwal timnya yang juga punya alat survei lebih canggih. Ganjar mengeklaim alat itu jauh lebih canggih.

"Tapi jangan khawatir kita juga punya peralatan sendiri, jauh lebih canggih dari yang ada. Tapi tentu saja, kita harus bergerak setiap saat," sambungnya.

Baca juga: 12 Hasil Survei Capres 2024 Terbaru Lengkap Elektabilitas Tertinggi Calon Presiden di Jawa Timur

Sebelumnya, hasil survei Gagas Lintas Data (Galidata) menempatkan posisi pasangan Ganjar-Mahfud di posisi teratas, dengan perolehan 36,2 persen.

Berikut hasil selengkapnya:

  • Ganjar-Mahfud: 36,2 persen
  • Prabowo-Gibran: 33,3 persen
  • Anies-Cak Imin:26,1 persen

Survei Galidata dilaksanakan mulai 24 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 di seluruh wilayah Indonesia, dengan melibatkan 1.200 responden.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas